PGN Optimis Segera Salurkan Gas untuk Masyarakat

Senin, 15 September 2014 - 20:28 WIB
PGN Optimis Segera Salurkan Gas untuk Masyarakat
PGN Optimis Segera Salurkan Gas untuk Masyarakat
A A A
SEMARANG - Perusahaan Gas Negara Area Semarang optimis Klaster CNG di kawasan industri Tambak Aji Semarang sudah bisa mengalirkan gas bumi ke masyarakat.

Manajer area PGN Semarang Edi Sukamto mengatakan, saat ini pembangunan klaster CNG Tambak Aji, sudah melakukan proses pembangunan jaringan ke 100 rumah di perumahan Wahyu Utomo Ngaliyan.

Pemasangan instalasi untuk 100 rumah ini masih gratis. "Untuk tahun ini target kita 100 rumah sudah bisa teraliri," katanya, Senin (15/9/2014).

Dia menjelaskan, progres saat ini pemasangan pipa baja sepanjang 3 km mencapai 95% tinggal menunggu commisioning dan pemasangan ball valve dan pipa PE sepanjang 2 km sudah dipasang sekitar 80%.

Saat ini sudah mulai melakukan pemasangan meter di rumah-rumah warga. Untuk jaringan menuju ke industri yakni ke PT Indofood Fritolay berkapasitas 125 ribu meter kubik per bulan sudah selesai, tinggal finishing.

Untuk suplai gas ke PT Indofood nantinya sebanyak 125-150 ribu meter kubik per bulan. Sedangkan untuk rumah tangga sekitar 10-15 meter kubik per rumah tangga per bulannya.

Untuk tahap awal, target penyaluran diharapkan bisa mencapai 700 ribu meter kubik per bulan. "Kalau kapasitas kita bisa mencapai 1 juta meter kubik per bulan," katanya.

Edi mengatakan, tahun depan diharapkan bisa lebih banyak lagi pengguna gas bumi, baik untuk perumahan maupun industri. Sebab itu pihaknya terus melakukan berbagai upaya mensosialisasikan penggunaan gas bumi.

Untuk saat ini, PGN masih fokus pada daerah-daerah yang berada di sepanjang jaringan pipa PGN, mulai dari Tambak lorok sampai Kendal. Sementara, untuk daerah di luar jaringan akan menunggu pembangunan jaringan baru.

Dia mengatakan, pembangunan CNG di kawasan industri Tambak Aji merupakan bagian dari infastruktur gas bumi terintegrasi di Wilayah Jateng. Untuk pembangunannya akan dilakukan dalam tiga tahap.

Tahap pertama Wilayah Kendal-Semarang-Demak, tahap kedua Semarang Ungaran dan tahap ketiga akan melalui wilayah Pekalongan-Kudus-Solo Raya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3067 seconds (0.1#10.140)