Kriteria Menteri ESDM versi Kadin

Rabu, 24 September 2014 - 13:20 WIB
Kriteria Menteri ESDM versi Kadin
Kriteria Menteri ESDM versi Kadin
A A A
JAKARTA - Komisioner Komite Tetap Hulu Migas Kadin, Firlie Ganinduto menyebutkan menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) harus yang mengetahui masalah energi.

Dia mengatakan, bahwa banyak sektor energi, dari minyak, gas, listrik dan lainnya. Maka, menteri ESDM yang paling penting adalah menguasai dunia energi.

"Yang penting, harus menguasai dunia energi yang memang saat ini sedang mengalami masalah pelik. Energi itu luas jabarannya. Pertambangan, dan listrik," ujarnya di Jakarta, Rabu (24/9/2014).

Selain itu, menteri ESDM mesti memiliki pengalaman dalam bidang birokrasi kenegaraan. Itu yang paling penting setelah orang tersebut mengerti masalah energi yang menggelayut di pemerintahan Indonesia.

"Kalau hanya ngerti masalah energi sampai dalam-dalamnya tapi enggak ngerti birokrasi, akan sulit juga. Jadi keduanya harus berdampingan," kjkata dia.

Seorang menteri ESDM juga harus berani mengambil keputusan masalah di sektor energi. Karena, banyak mafia migas saat ini baik di hulu maupun hilir.

"Maka harus ada kebijakan, yang memang tidak populer di kalangan mafia migas. Maka, dia harus berani menggali mafia migas dengan ketegasan dan keberaniannya," pungkas Firlie.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3529 seconds (0.1#10.140)