BP Jamsostek Siap Umumkan Perusahaan Bandel

Kamis, 25 September 2014 - 01:14 WIB
BP Jamsostek Siap Umumkan Perusahaan Bandel
BP Jamsostek Siap Umumkan Perusahaan Bandel
A A A
JAKARTA - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Kanwil DKI Jakarta siap mengumumkan daftar perusahaan nakal, yang tidak mengikutkan karyawannya perlindungan jaminan sosial.

Saat ini BP Jamsostek sudah bekerja sama dengan Kejaksaan untuk memanggil perusahaan yang nakal.

"Kalau perlu sebulan sekali kami umumkan perusahaan yang nakal. Ini untuk efek jera agar mereka mengerti pentingnya jaminan sosial bagi pekerjanya," jelas Kepala Kanwil BP Jamsostek DKI Jakarta Hardi Yuliwan di Jakarta, Rabu (24/9/2014).

Hardi menjelaskan, saat ini masih banyak perusahaan di Jakarta yang belum mengikutkan karyawannya sebagai peserta BP Jamsostek. Belum lagi perusahaan yang hanya mendaftarkan pesertanya hanya sebagian dan melaporkan upah mereka juga sebagian saja.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) tercatat tenaga kerja yang ada di DKI Jakarta 4,71 juta. Sedangkan data peserta BP Jamsostek baru 3,617 juta, sehingga potensi yang masih bisa digarap cukup besar.

Salah satu cara untuk menarik peserta, lanjut Hardi dengan menggandeng pemerintah daerah dalam pembentukan pelayanan terpadu satu atap (PTSP).

"Sudah ada sekitar 25 PTSP dibeberapa daerah di Jakarta hingga kelurahan. Kami berharap ini bisa menjadi ujung tombak agar perusahaan yang belum terdaftar menjadi terdaftar," katanya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5275 seconds (0.1#10.140)