Penyebab Kecelakaan Freeport Diumumkan Pekan Depan

Kamis, 02 Oktober 2014 - 14:43 WIB
Penyebab Kecelakaan Freeport Diumumkan Pekan Depan
Penyebab Kecelakaan Freeport Diumumkan Pekan Depan
A A A
JAKARTA - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan telah menyelesaikan investigasi tragedi kecelakaan tambang PT Freeport Indonesia (PTFI) di Timika, Papua. Tragedi ini mengakibatkan 4 orang meninggal dan 5 orang lainnya masih dalam perawatan di Rumah Sakit.

Menurut Direktur Teknik dan Lingkungan Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Susigit, Tim Inspektur Tambang Kementerian ESDM telah menyelesaikan investigasi hari ini. Setelah selesai, tim kembali ke Jakarta pada Jumat (3/10/2014) menyampaikan laporan atas insiden kecelakaan di wilayah kerja pertambangan Freeport.

"Senin atau Selasa pekan depan rencananya bisa kami umumkan," terang Bambang di Jakarta, Kamis (2/10/2014).

Laporan sementara dari Tim Investigasi menyebutkan bahwa insiden disebabkan karena ada pekerja tambang yang tiba-tiba menyeberang di Tambang Grasberg, Freeport. Padahal dalam standar keselamatan tambang dilarang menyebarang dalam area tambang tersebut, yang mengakibatkan terjadi kecelakaan mobil operasional tambang.

"Di CCTV ditemukan ada orang menyeberang. Harusnya tidak boleh nyeberang mau kejar mobil kecil harusnya nggak boleh dikejar, kan ada HT, ada radio," katanya.

Dia mengatakan, kendati telah menemukam dugaan kesalahan prosedur tapi pihaknya belum mau menyimpulkan secara menyeluruh insiden yang menelan korban ini. Pasalnya, masih menunggu Tim Investagasi melaporkan secara resmi kepada pemerintah.

Sementara terkait sanksi apa yang akan diberikan kepada Freeport, Bambang menyebut akan dilihat dari sisi manajerial dan operasional tambang.

"Kalau manajerial berarti ada orang bertanggung jawab. Bisa perusahaannya, bisa kepala tekniknya. Seberapa besar tanggung jawab dia terhadap kecelakaan ini. Tapi kalau operasional, berarti ada sistem yang perlu diperbaiki," ujarnya.

Sebagai informasi, kecelakaan kembali terjadi di Jalan Tambang Terbuka Grasberg Freeport pada Sabtu (27/9/2014), sekitar pukul 07.24 WIT.

Kecelakaan tambang melibatkan satu unit kendaraan ringan untuk kegiatan operasi jenis Toyota yang berisi delapan orang penumpang dan satu orang pengendara, dengan satu unit haul truck (truk tambang HT#220-CAT785) yang dikendarai satu orang operator.

(Baca: Kecelakaan Kembali, ESDM Didesak Beri Sanksi Freeport)
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1210 seconds (0.1#10.140)