Suspensi Dibuka, Saham BUMI Melemah

Selasa, 07 Oktober 2014 - 10:28 WIB
Suspensi Dibuka, Saham BUMI Melemah
Suspensi Dibuka, Saham BUMI Melemah
A A A
JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) membuka penghentian sementara (suspensi) perdagangan saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI). Dibukanya saham BUMI mendorong pelemahan pada harga sahamnya pagi ini.

Kepala Divisi Operasional perdagangan BEI Eko Soswanto mengatakan, pembukaan suspensi ini dilakukan merujuk surat BUMI pada 6 Oktober lalu terkait penyampaian hasil public expose inseidentil.

Selain itu, surat perihal laporan hasil hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) perseroan, dan permohonan pencatatan saham tambahan hasil pelaksanaan penawaran umum terbatas (PUT) IV BUMI.

"Bursa memutuskan melakukan pencabutan penghentian sementara perdagangan efek BUMI di seluruh pasar terhitung sejak sesi I perdagangan efek hari ini," kata dia dalam keterangannya di keterbukaan informasi BEI, Selasa (7/10/2014).

Pasca suspensi BUMI dibuka, harga saham grup Bakrie ini pagi ini langsung melemah 7 poin menjadi Rp183 per lembar dibanding penutupan sebelumnya di harga Rp190 per lembar. Sementara pada pukul 10.25 WIB, harga saham BUMI terkikis ke level Rp170 per lembar atau anjlok 20 poin dibanding perdagangan sebelumnya.

Sekedar informasi, BEI melakukan suspensi saham BUMI pada 24 September 2014 merujuk prospektus PUT dalam rangka penerbitan HMETD BUMI yang diterbitkan pada 30 Juni 2014, hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada 30 Juni dan diumumkan kepada publik pada 1 Juli 2014.

Selain itu, juga mempertimbangkan laporan hasil penjatahan atas PUT IV sesuai prospektus yang telah disetujui dalam RUPS Luar Biasa (RUPSLB) dan penyamaian tangggapan yang belum lengkap/belum memadai atas permintaan penjelasan Bursa sebagai keterbukaan informasi kepada publik.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5514 seconds (0.1#10.140)