Diresmikan Sandiaga Uno, The Carnival Nganjuk Ciptakan Banyak Peluang Usaha Baru

Senin, 10 Oktober 2022 - 22:47 WIB
loading...
Diresmikan Sandiaga Uno, The Carnival Nganjuk Ciptakan Banyak Peluang Usaha Baru
Menparekraf Sandiaga Uno mendorong The Carnival Nganjuk banyak menciptakan peluang usaha baru dan lapangan kerja. FOTO/MNC Media
A A A
NGANJUK - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno optimistis The Carnival Nganjuk banyak menciptakan peluang usaha baru dan lapangan kerja.

Hal itu dikatakan Sandiaga di sela meresmikan taman rekerasi The Carnival yang berada di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Sabtu (8/10/2022). The Carnival didorong mampu memberikan peluang usaha dan lapangan kerja bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di daerah setempat.

Peresmian The Carnival ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan Sandiaga Uno bersama dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk, Yasin dan Pengelola Taman Wisata, Rizky Pramudya. Menparekraf seusai meresmikan The Carnival mengapresiasi hasil kolaborasi Pemerintah Daerah Nganjuk dengan Pengelola Taman Wisata dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Nganjuk yang telah menghidupkan kembali Taman Rekreasi Anjuk Ladang (TRAL) yang telah vakum selama lima tahun. Kini taman seluas 1,2 hektare berganti nama menjadi The Carnival. Yang dapat menampung 1.000 pengunjung perharinya.



Atraksi yang dihadirkan saat ini baru ada delapan wahana. Namun, jumlah ini akan terus bertambah menjadi 18 wahana. "Saya sangat mendukung HIPMI dan Disporabudpar Kabupaten Nganjuk yang menghidupkan kembali wisata buatan Taman Rekreasi Anjuk Ladang. Sudah lima tahun terakhir vakum. Dan hari ini berubah wajah dengan nama The Carnival," kata Menparekraf.

Ia berharap melalui upaya bersama dengan pemangku kepentingan The Carnival bisa memberikan peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat setempat. Serta mengakselerasi kepulihan dan kebangkitan ekonomi. "Ini juga nantinya akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Dan menjadi rangkaian kepulihan kita yang lebih cepat dan kebangkitan kita yang lebih kuat," katanya.

Diresmikan Sandiaga Uno, The Carnival Nganjuk Ciptakan Banyak Peluang Usaha Baru

Menparekraf menyampaikan pihaknya siap untuk berkolaborasi dalam memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Nganjuk yang dikenal sebagai kabupaten 1.001 air terjun. Beberapa hal yang perlu mendapat perhatian lebih berkenaan dengan pariwisata di Kabupaten Nganjuk, lanjut Menparekraf yakni faktor atraksi, aksesibilitas dan amenitas (3A).



Peningkatan event-event berskala nasional juga perlu dihadirkan untuk menarik lebih banyak wisatawan. "Aksesibilitas itu terkait akses tempat-tempat wisata. Karena saya dengar banyak wisata air terjunnya," katanya.

Selain meresmikan taman rekreasi, Menparekraf turut menyemarakkan HIPMI Fest 2022 yang bertepatan di The Carnival Nganjuk. HIPMI Fest 2022 menghadirkan beragam rangkaian kegiatan menarik yaitu bazar UMKM, turnamen ESport, seminar ekonomi kreatif, pentas kesenian asli Nganjuk, lomba mewarnai, hingga live music performance.

Turut mendampingi Menparekraf, Direktur Manajemen Industri Kemenparekraf/Baparekraf, Syaifullah; Direktur Badan Otorita Borobudur (BOB), Indah Juanita. Dan hadir pula Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Sinarto.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0992 seconds (0.1#10.140)