Para Menteri Ini Kumpul Bahas Investasi Perdagangan

Kamis, 09 Oktober 2014 - 11:06 WIB
Para Menteri Ini Kumpul Bahas Investasi Perdagangan
Para Menteri Ini Kumpul Bahas Investasi Perdagangan
A A A
JAKARTA - Dalam sisa jabatannya yang tinggal beberapa hari, para menteri ekonomi berkumpul untuk membahas tantangan investasi perdagangan.

Para menteri tersebut yakni, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Perindustrian MS Hidayat, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu.

Selain itu, juga ada Kepala BKPM Mahendra Siregar dan Ketua Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulistyo membicarakan tentang tantangan investasi dan perdagangan melalui wadah Trade and Investment Forum (TI Forum) 2014.

Dalam kesempatan tersebut, Lutfi mengatakan, pihaknya terus bekerja sama dalam memperkuat ekspor nasional dengan mengupayakan peningkatan investasi ke dalam dan luar negeri.

"Investasi dan perdagangan merupakan dua kegiatan yang saling mendukung. Investasi dapat meningkatkan kapasitas produksi guna memperkuat ekspor yang pada akhirnya memperkuat perekonomian negara," terangnya di JIExpo, Jakarta, Kamis (9/10/2014).

Menurutnya, dari sisi inward investment, pemerintah mendorong terjadinya investasi yang berkualitas. Investasi yang tidak hanya melihat aspek besaran nilai yang ditanamkan investor.

Namun, juga multiplier effect yang diciptakan untuk mengoptimalisasikan sumber daya ekonomi nasional melalui pengusahaan sektor-sektor strategis.

"Investasi pada industri yang berorientasi ekspor dan bahan baku lokal adalah salah satu yang diprioritaskan. Maka, Indonesia tidak hanya sekadar menjadi basis konsumsi, tetapi juga basis produksi," jelasnya.

Dia menerangkan, TI Forum juga menjadi wadah penyampaian kebijakan pemerintah Indonesia dalam menghadapi peluang dan tantangan perdagangan global.

"Kegiatan ini juga diharapkan mampu membangun sinergi positif antara pemerintah dan dunia usaha dalam meningkatkan kinerja di sektor investasi dan perdagangan," terangnya.

Senada dengan Lutfi, Kepala BKPM Mahendra Siregar juga mengaku bersemangat mendorong investor Indonesia untuk dapat menguasai pasar di luar negeri.

Pasalnya, pemerintah terus mengupayakan agar investor Indonesia mendekati pasar di luar negeri.

"Selain memperluas jaringan di pasar global, investasi di luaar negeri diharapkan dapat meningkatkan ekspor produk-produk Indonesia dan juga perluasan mitra usaha," pungkas Mahendra.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9027 seconds (0.1#10.140)