Desa Wisata Tondok Bakaru Sulbar Masuk 50 Besar ADWI 2022, Sandiaga Uno: Kaya Potensi Budaya & Alam

Kamis, 13 Oktober 2022 - 13:43 WIB
loading...
Desa Wisata Tondok Bakaru Sulbar Masuk 50 Besar ADWI 2022, Sandiaga Uno: Kaya Potensi Budaya & Alam
Menparekraf, Sandiaga mengapresiasi, keberhasilan Desa Wisata Tondok Bakaru di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, yang sukses masuk peringkat 50 besar terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Foto/Dok
A A A
MAMASA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi, keberhasilan Desa Wisata Tondok Bakaru di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat , yang sukses masuk peringkat 50 besar terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 dengan mengandalkan potensi budaya dan kekayaan alamnya.

"(Desa Tondok Bakaru) ini keindahan alamnya luar biasa. Alamnya sejuk dan mata kita dimanjakan dengan hijaunya hamparan sawah," kata Menparekraf Sandiaga dalam kunjungannya ke Desa Tondok Bakaru, Mamasa, Sulawesi Barat, Rabu (12/10/2022).



Desa Wisata Tondok Bakaru terletak tepat di bawah kaki Gunung Mambulilling yang merupakan salah satu gunung tertinggi di Sulawesi Barat dengan ketinggian 2.741 meter. Wisatawan yang berkunjung akan disuguhi pemandangan berupa hamparan sawah dan budidaya bunga anggrek.

Selain itu, desa yang berjarak sekitar 1 kilometer dari ibu kota Kabupaten Mamasa ini juga merupakan desa terakhir sebelum memasuki Taman Nasional Gandang Dewata.

Desa Wisata Tondok Bakaru juga memiliki seni tradisi dan budaya yang kaya. Hal ini bisa terlihat dari kehadiran rumah adat Mamasa serta seni musik bambu dan tarian tradisional seperti tari Bulu Londong dan tari Malluya'.

Sandiaga mengatakan pihaknya akan membantu mempromosikan potensi wisata yang ada di Desa Wisata Tondok Bakaru. "Kita harapkan ini nantinya menjadi bagian dari 1,1 juta lapangan kerja baru di 2022," katanya.

Hal ini disambut baik oleh Bupati Mamasa, Ramlan Badawi. Ramlan berharap kehadiran Menparekraf Sandiaga ke Desa Wisata Tondok Bakaru bisa menginspirasi dan memacu semangat pelaku parekraf di Mamasa untuk bangkit.

"Mudah-mudahan ke depannya kami bisa mengembangkan (potensi wisata di Mamasa) sesuai arahan Bapak Menteri," ujar Ramlan.



Tak hanya itu, Ramlan juga mengapresiasi kehadiran Sandiaga sebagai menteri ketiga yang berkunjung ke Mamasa. "Baru ada tiga menteri yang berkunjung ke Mamasa. Zaman Soeharto ada Pak Harmoko, kemudian di Masa SBY (Soesilo Bambang Yudhoyono) ada Pak Freddy Numberi, sekarang masa Presiden Joko Widodo ada Pak Sandiaga Salahuddin Uno," katanya.

Dalam kunjungan ini, Menparekraf Sandiaga didampingi oleh Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua. Turut hadir pula Wakil Bupati Mamasa, Marthinus Tiranda; Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Barat, Farid Wajdi; Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Mamasa, Rahmat Taulabi; dan Anggota Komisi X DPR RI, Arwan M. Aras.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)