Pemerintah Lanjutkan Bangun Waduk Antisipasi Kekeringan

Senin, 20 Oktober 2014 - 13:58 WIB
Pemerintah Lanjutkan Bangun Waduk Antisipasi Kekeringan
Pemerintah Lanjutkan Bangun Waduk Antisipasi Kekeringan
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum (PU) akan tetap melanjutkan pembangunan waduk di sejumlah daerah dalam rangka mengantisipasi kekeringan.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU), Hermanto Dardak mengatakan, sejumlah daerah yang tercatat memiliki curah hujan pendek terjadi di beberapa tempat, di antaranya Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur dan sebagian Pulau Sulawesi.

"Daerah-daerah ini memiliki curah hujan yang pendek, sehingga harus ada program yang dilaksanakan terpadu antara pemerintah pusat dan daerah," ujarnya kepada Sindo.

Menurut Hermanto, dampak kekeringan harus diselesaikan dalam jangka panjang, mengingat kebutuhan air pada setiap musim semakin besar seiring dengan pertumbuhan penduduk.

"Cara terbaik adalah mengatasi dampak kekeringan dengan menyimpan air yang berlimpah ketika musim hujan dengan membangun sistem ketahanan air yang memiliki korelasi dan kaitan kuat dengan ketahanan pangan. Pada akhirnya ini juga akan menunjang ketahanan energi kita," katanya.

Menurut dia, dampak kekeringan yang terjadi akan diantisipasi melalui koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Selanjutnya, pembagian air dilakukan melalui air milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)setempat.

“Pemerintah Pusat maupun pemerintah daerah membantu lewat Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Sementara pengkordinasian pembagian airnya dengan menentukan daerah dan kelompok masyarakat mana yang perlu mendapat prioritas air bersih, dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” tandas Hermanto
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0581 seconds (0.1#10.140)