Harga Cabai di Majalengka Tembus Rp40 Ribu/Kg

Rabu, 29 Oktober 2014 - 17:30 WIB
Harga Cabai di Majalengka Tembus Rp40 Ribu/Kg
Harga Cabai di Majalengka Tembus Rp40 Ribu/Kg
A A A
MAJALENGKA - Harga cabai merah di Majalengka tembus Rp40 ribu/kg, padahal biasanya harganya hanya Rp28 ribu/kg. Bukan hanya cabai merah, pantauan di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Majalengka kenaikan harga juga terjadi pada cabai hijau, cabai rawit, dan jahe.

Cabai hijau jika biasanya harga per kilo gramnya Rp20 ribu/kg sekarang menjadi Rp30 ribu/kg. "Harga jahe naik dari Rp15 ribu/kg menjadi Rp 30ribu/kg," kata Neng Rodiah, 30, pedagang sembako di Pasar Cigasong, Rabu (29/10/2014).

Selain jahe, cabai rawit sidomba pun turut mengalami kenaikan, yakni dari Rp24 ribu/kg menjadi Rp35 ribu/kg, cabai rawit biasa dari Rp12 ribu/kg menjadi Rp24 ribu/kg. Sementara untuk harga bahan pokok lainnya masih stabil.

Dikatakan Neng, kenaikan harga cabai sudah terjadi sejak empat hari lalu. Dua hari sebelumnya harga cabai merah hanya naik menjadi Rp30 ribu/kg. "Tapi sekarang sudah Rp40 ribu/kg," ujar dia.

Neng mengaku, tak mengetahui secara pasti penyebab kenaikan harga tersebut. Namun biasanya, menurut dia, jika kondisi cuaca tidak menentu seperti saat ini mempengaruhi kenaikan harga sayuran dan bahan pokok lainnya.

"Biasanya kalau peralihan musim pasti ada saja harga sayuran atau bahan pokok yang mengalami kenaikan," katanya lagi.

Jika harga cabai tengah meroket, menurut Neng, lain lagi dengan sejumlah sayuran yang harganya menurun atau stabil. Seperti kol, semula Rp5.000 hingga Rp6.000/kg sekarang turun menjadi Rp3.000/kg, bawang daun yang sebelumnya Rp6.000/kg sekarang Rp3.500/kg.

Sementara hasil pantauan di Pasar Balong, harga cabai-cabaian lebih mahal jika dibandingkan dengan di Pasar cigasong. "Tadi saya sempet ke Pasar Cigasong, nanya harga cabai merah per kg Rp40 ribu, di sini (Pasar Balong) Rp43 ribu/kg, jauh banget bedanya," kata Siti Marpuah, pemilik catering yang tengah berbelanja di Pasar Balong.

Salah seorang pedagang sayuran di Pasar Balong, Adam, 38, mengatakan, kenaikan harga cabai sudah terjadi sejak empat hari lalu. Ia mengaku, tak mengambil untung banyak dari penjualannya.

"Kalau saya menyamakan harganya dengan di Pasar Cigasong Rp40 ribu/kg saya tidak dapat untung. Harga Rp43 ribu/kg untuk harga cabai merah saja saya hanya dapat untung sedikit," ujarnya.

Menuru Adam, harga cabai naik karena faktor cuaca. "Sekarang kan kalau siang panas banget, kata petani, itu berpengaruh pada bunga dan buah cabai yang akan tumbuh," jelasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5683 seconds (0.1#10.140)