Kunjungi News MNC Plaza, Pertamina Curhat Soal Impor BBM

Rabu, 29 Oktober 2014 - 18:40 WIB
Kunjungi News MNC Plaza, Pertamina Curhat Soal Impor BBM
Kunjungi News MNC Plaza, Pertamina Curhat Soal Impor BBM
A A A
JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Muhammad Husen hari ini melakukan kunjungan ke News MNC Plaza. Dalam kunjungannya tersebut, Husen sempat menceritakan tentang impor bahan bakar minyak (BBM) yang terlampau besar.

Dia mengatakan, konsumsi BBM per harinya sebesar 1,5 hingga 1,6 juta barel per hari. Sementara produksinya dari hulu hanya sekitar setengah dari konsumsi tersebut.

"Kemampuan kilang kami juga setengahnya, sehingga kita juga kemampuan menyediakan minyak mentah kurang, pabriknya juga kurang," ujar Husen di Gedung MNC Plaza, Jakarta, Rabu (29/10/2014).

Sebab itu, dia mengaku bahwa pihaknya akan sangat serius bagaimana untuk mengurangi impor BBM ini. "Sehingga kita memang sangat serius bagaimana segera mungkin mengurangi syukur-syukur menyelesaikan masalah ini," tambah dia.

Lebih lanjut dia menuturkan, selain impor BBM yang terlampau besar, beban subsidi BBM pun juga tidak kalah besarnya. Dia menyebutkan, beban subsidi untuk bahan bakar primadona ini sebesar Rp1 triliun per hari.

"Saya kira saya tidak akan mengulang. Semua tau, produksi naik terus, konsumsi naik terus. Subsidinya Rp1 triliun. Persoalannya bagaimana mengatasi dengan cepat. Setiap hari kita akan kehilangan uang Rp1 triliun," jelas dia.

Husen menegaskan, bahwa Pertamina siap di garis depan untuk upaya mengurangi impor BBM ini. "Kami siap di garis besar dalam upaya mengurangi BBM ini. Kita ingin 2030 jadi negara keenam di dunia tidak akan kejadian kalau duitnya habis untuk BBM," pungkas Husen.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4636 seconds (0.1#10.140)