Pembangunan Tol Manado-Bitung Tunggu Pinjaman China

Jum'at, 31 Oktober 2014 - 19:06 WIB
Pembangunan Tol Manado-Bitung Tunggu Pinjaman China
Pembangunan Tol Manado-Bitung Tunggu Pinjaman China
A A A
Pembangunan jalan tol Manado–Bitung masih menunggu kepastian dari Pemerintah China mengenai pinjaman untuk investasi pembangunan tol sepanjang 39 kilometer (km) tersebut.

Kepala Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I, Provinsi Sulawesi Utara dan Gorontalo, Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat John Damanik mengatakan untuk tahun pertama, pembangunan jalan tol Manado – Bitung dilakukan pengerjaaanya sepanjang 600 meter.

"Dana untuk pekerjaan tersebut sebesar Rp44 miliar dari dana APBN. Saat ini kami sedang negosiasi loan (pinjaman) dengan China, kemungkinan besar dengan China," ujar John dalam rilisnya, Jumat (31/10/2014).

Namun demikian, pekerjaan pembangunan proyek sepanjang 600 meter tersebut tetap dikerjakan oleh Pemerintah. Penyelesaian konstruksi untuk 600 meter ditargetkan pada Desember 2015 Begitu lahan bebas, pemerintah masuk untuk bekerja, hal ini dikarenakan kewenangan pembebasan lahan dilakukan oleh pemerintah daerah.

Sementara itu, Ketua Pokja Balai Pembangunan Jalan dan Jembatan (BPJN) Wilayah XI Christian Umboh mengatakan upaya untuk memperoleh pinjaman dari Pemerintah China guna membiayai pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung itu karena memiliki kelayakan ekonomi.

Jalan tol akan melalui Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung dan merupakan satu-satunya jalur penghubung antara kedua kota saat ini. Sejalan dengan pertumbuhan jumlah kendaraan yang meningkat tajam menyebabkan jalur tersebut semakin padat.

Berdasarkan studi yang sudah dilakukan, Financial Interest Rate Ratio (FIRR) Jalan Tol Manado Bitung baru sebesar 16%. Angka tersebut didasarkan pada asumsi trafik awal operasi (tetap) pada ruas Manado Ring Road-Sukur sebesar 12.662 km/jm, ruas Sukur-Armadidi 12.622 km/jam, Armadidi-Kauditan 10.937 km/jam, Kauditan-Danowudu 10.937 km/jam, dan Danowudu-Bitung 10.897 km.

Peningkatan volume kendaraan pada ruas jalan tersebut juga terasa dari waktu tempuh yang semakin yang meningkat tajam saat ini. Beberapa tahun sebelumnya, waktu tempuh Manado-Bitung dan sebaliknya sekitar 45 menit.

Namun saat ini, membutuhkan waktu sekitar 90-120 menit. Resiko kecelakaan pada jalur tersebut juga semakin meningkat, seiring dengan tingginya arus lalu lintas kendaraan.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5811 seconds (0.1#10.140)