BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi Q3-2014 Hanya 5,1%

Jum'at, 31 Oktober 2014 - 20:28 WIB
BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi Q3-2014 Hanya 5,1%
BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi Q3-2014 Hanya 5,1%
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memproyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III (Q3) tahun ini mencapai 5,1%. Peningkatan pertumbuhan itu terutama disebabkan oleh sektor konsumsi swasta, ada perbaikan ekspor dan investasi, serta adanya perbaikan dari konsumsi pemerintah.

Menurut Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo, meskipun diperkirakan kenaikan konsumsi pemerintah tidak setinggi yang diperkirakan, paling tidak dalam ekspansi pemerintah masih terbatas lantaran masih harus menyelamatkan defisit fiskal karena beban subsidi.

"Pertumbuhan ekonomi kita perkirakan 5,1%, tapi kita lihat saja. Minggu depan kan akan di rilis oleh BPS," ujar Perry saat ditemui wartawan di Jakarta, Jumat (31/10/2014).

‎Dia melanjutkan, akan tetapi pihaknya optimistis pada kuartal IV tahun ini akan ada perbaikan ekonomi mencapai 5,2%.‎

Lebih lanjut dia mengungkap, salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi bisa menyentuh angka 5,2% dikarenakan dari sisi konsumsi pemerintah yang membaik dan adanya perbaikan dari sisi ekspor dan investasi.

Perry menjelaskan, salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekspor terjadi karena manufaktur ekspor mengalami kenaikan, terutama ekspor komoditas ke India dan negara lainnya.

Namun, sejauh ini ekspor ke China masih mengalami penurunan. "Nah setiap 1% penurunan China, dampaknya sekitar 0,5% ke kita. Itu pertumbuhan," papar dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5078 seconds (0.1#10.140)