Pertumbuhan Kuartal III Tak Mencapai Target karena Pilpres

Rabu, 05 November 2014 - 18:11 WIB
Pertumbuhan Kuartal III Tak Mencapai Target karena Pilpres
Pertumbuhan Kuartal III Tak Mencapai Target karena Pilpres
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Sofyan Djalil menyatakan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal III tahun ini tidak mencapai target karena pengaruh pemilihan langsung presiden (pilpres).

"Saya baca dari BPS memang lebih rendah. Mungkin karena kemarin ramai-ramai pemilihan presdien sehingga sektor produkttif agak terganggu. Mudah-mudahan di kuartal akhir bisa lebih baik karena pemerintahan sudah bekerja," ujarnya, usai diskusi di Kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Jakarta, Rabu (5/11/2014).

Dia mengatakan, pemerintahan saat ini sedang menggenjot sektor-sektor produktif, antara lain sektor irigasi untuk pangairan pangan, infrastruktur, usaha kecil dan nelayan.

"Karena itu kami sedang menggenjot sektor-sektor produktif seperti di pertanian dalam rangka peningkatan dan ketahanan pangan dengan membangun irigasi dan waduk, membantu nelayan supaya bisa memperbaharui mesin pendingin, termasuk membantu usaha kecil dan menengah dengan memperkuat infrastruktur yang ada," terangnya.

Menurut Sofyan, pembangunan tersebut akan kelihatan maksimal ketika perumusan APBN-P 2015. Hal itu disebabkan, anggaran APBN saat ini masih berasal dari pemerintahan sebelumnya sehingga akan difokuskan berdasarkan program-program produktif dalam rangka menopang pertumbuhan ekonomi.

"Yang jelas, akan kita lihat dalam beberapa bulan ke depan. Kami optimis pertumbuhan ekonomi bisa kembali membaik sebagaimana yang diharapkan," ucapnya.

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III/2014 sebesar 5,01%. Presentase tersebut jauh dari target 5,5% pada APBN-Perubahan 2014.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7281 seconds (0.1#10.140)