Penguatan Kepatuhan GCG, TII dan Pelindo Jajaki Kolaborasi

Minggu, 30 Oktober 2022 - 07:44 WIB
loading...
Penguatan Kepatuhan GCG, TII dan Pelindo Jajaki Kolaborasi
PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dan Transparansi Internasional Indonesia (TII) menjajaki kerjasama dalam perkuatan GCG di Pelindo. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dan Transparansi Internasional Indonesia (TII) yakni organisasi masyarakat sipil gobal yang bergerak dalam bidang integritas dan anti-korupsi menjajaki kerjasama dalam perkuatan GCG di Pelindo.



Pada saat kunjungan perdana dari TII ke Kantor Pusat Pelindo, kedua belah pihak berdiskusi tentang potensi kerjasama yang dapat dilakukan ke depan. Hadir dalam kunjungan ini Sekretaris Jenderal TII, J. Danang Widiyoko dan Wawan Suyatmiko Deputi Sekretaris Jenderal TII yang diterima langsung oleh Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ali Mulyono dan Group Head Satuan Pengawasan Internal Pelindo, Widodo.

Penguatan Kepatuhan GCG, TII dan Pelindo Jajaki Kolaborasi


Dalam kesempatan ini TII meninjau secara langsung proses bisnis dan pelayanan operasional yang ada di pelabuhan Tanjung Priok, yakni melalui Integrated Planning and Control Room. Di ruang ini terdapat dashboard Marine Traffic, Terminal Petikemas, Terminal Multi Purpose dan Traffic Management.

Fungsinya adalah untuk memudahkan komunikasi antara petugas pelayanan kapal dan pelayanan barang, sehingga terdapat sinergi antara kedua pelayanan tersebut, termasuk dalam data transaksi maupun eksekusi pekerjaannya.

"Pelindo berkomitmen penuh dalam penguatan kepatuhan GCG di setiap proses dan lini bisnis perusahaan," tegas Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ali Mulyono.



Sebagai upaya menciptakan lingkungan kerja yang patuh dan selaras dengan prinsip-prinsip GCG, Pelindo telah mengimplementasikan beberapa program kerja antara lain; sosialisasi GCG di seluruh wilayah kerja Pelindo, penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) dan ISO 37001:2016, penandatanganan Pakta Integritas, pelaporan LHKPN secara rutin.

Aplikasi Single Whistle Blowing System (WBS) yang terintegrasi di Pelindo Group, pembentukan Unit Pengelola Gratifikasi (UPG), kerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait upaya pemberantasan korupsi, serta kerjasama dengan Kejaksaan (Jamdatun) terkait penanganan masalah hukum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)