Ikatan Bankir Dukung Kenaikan BI Rate

Senin, 24 November 2014 - 04:30 WIB
Ikatan Bankir Dukung Kenaikan BI Rate
Ikatan Bankir Dukung Kenaikan BI Rate
A A A
JAKARTA - Ikatan Bankir Indonesia (IBI) mendukung kebijakan Bank Indonesia (BI) menaikkan suku bunga acuan atau BI Rate naik sebesar 25 bps menjadi 7,75%.

Menurut Ketua Umum Ikatan Bankir Indonesia (IBI) Zulkifli Zaini, langkah BI menaikkan suku bunga merupakan antisipasi untuk menghadapi inflasi lantaran pemerintah telah menaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Selain itu, kenaikan BI Rate dirasa perlu untuk menjaga likuiditas perbankan serta menjaga agar modal dari luar negeri atau Foreign Direct Investment (FDI).

"Karena kalau suku bunga tetap sementara inflasi naik, maka insentif untuk memasukan dana ke Indonesia sedikit menurun. Kita juga sudah melihat bahwa dengan kenaikan BBM, maka inflasi sudah di depan mata. Kalau sudah di depan mata sementara suku bungan belum dinaikkan, likuiditas perbankan bisa menjadi masalah," ujarnya.

Dia menambahkan, dengan suku bunga yang naik masyarakat mempunyai insentif untuk menyimpan uangnya di bank.

Hal senada dikemukakan pengamat ekonomi A Prasetyantoko. Dia mengatakan, kenaikan suku bunga acuan ini merupakan salah satu tujuan BI untuk mengendalikan jumlah uang beredar di masyarakat, sehingga inflasi tidak tinggi.

Selain itu, dengan adanya kenaikan BI rate juga akan berdampak pada deposite rate yang meningkat. Sehingga, minat masyarakat untuk menabung di bank juga naik. Apalagi kalau bank-bank yang buku II dan buku I.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0514 seconds (0.1#10.140)