Tiga Kendala IWAPI dalam Kembangkan Usaha

Senin, 24 November 2014 - 20:10 WIB
Tiga Kendala IWAPI dalam Kembangkan Usaha
Tiga Kendala IWAPI dalam Kembangkan Usaha
A A A
DENPASAR - Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) menilai masih ada tiga kendala dalam menjalankan usahanya yakni permodalan, perizinan, dan insfrastruktur.

Permodalan, selama ini para pengusaha kecil menengah merasa kesulitan untuk mengakses dana dari bank. “Meskipun mudah untuk meminjam modal di bank tapi bunga yang diberikan sangat tinggi, sehingga itu pun menjadi kendala kami untuk mengembangkan usaha kami,” ujar Ketua Umum Iwapi Dyah Anita Prihapsari, di Sanur, Denpasar, Senin (24/11/2014).

Dyah menjelaskan, Iwapi tengah memprotes kepada pemerintah untuk menurunkan suku bunga ini, apabila para pengusaha mendapatkan pinjaman modal dengan suku bunga yang tinggi artinya para pengusaha tidak akan mendapatkan untung, karena untungnya dipakai untuk membayar bunga.

“untuk pemodalan kami sekarang ini sudah bekerjasama dengan bank milik BUMN, tapi ya itu kendalanya masih di suku bunga yang cukup tinggi,” ujarnya.

Selain suku bunga kendala lain yaitu ada diperizinan, Dyah menjelaskan, selama ini pemerintah telah menerapkan untuk satu pintu, pada kenyataanya dilapangan para pengusaha dibuat pusing oleh birokrasi.

“Untuk izin produk makanan saja, kami harus bolak-balik, disuruh kesana kemari, sehingga itu makan waktu yang cukup lama,” keluhnya.

Selain Ketua Umum IWAPI itu juga mengeluhkan infrastruktur yang masih jelek sehingga mempengaruhi pengiriman barang. “Kami berharap di pemerintahan Jokowi-JK ini bisa membenahi infrastruktur di Indonesia, dengan adanya infrastruktur yang bagus secara otomatis perdagangan akan lancar,” tutupnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5075 seconds (0.1#10.140)