Pertumbuhan Ekonomi Lambat Sebabkan NPL Naik

Rabu, 26 November 2014 - 20:54 WIB
Pertumbuhan Ekonomi Lambat Sebabkan NPL Naik
Pertumbuhan Ekonomi Lambat Sebabkan NPL Naik
A A A
JAKARTA - EKonom Standard Chartered Fauzi Ichsan mengatakan, peningkatan Non Performance Loan (NPL) masih cukup kecil karena masih di bawah level 5%. Menurutnya, melambatanya pertumbuhan ekonomi menyebabkan NPL naik.

"Bank akan mengerem pertumbuhan kreditnya kalau suku bunga acuan BI rate naik atau kalau Fasbinya naik," kata Fauzi kepada KORAN SINDO di Jakarta, Rabu (26/11/2014).

Dia kelanjutkan, kenaikan NPL sangat dipicu anjloknya harga komoditas, terutama batu bara. Namun, dia memprediksi pertumbuhan kredit sampai akhir tahun masih sesuai arahan Bank Indonesia. "Masih 15 persen sesuai targetnya BI," tukasnya.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) memprediksi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) akan berdampak pada kenaikan kredit bermasalah (NPL).

Meski begitu, angkanya relatif kecil yaitu sekitar 0,1%-0,2%. Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah mengatakan, kenaikan harga BBM tentu akan berdampak pada kenaikan inflasi, setidaknya selama tiga bulan.

Menurut dia, kenaikan inflasi itu akan berpengaruh pada menurunnya daya beli masyarakat.

Pada akhirnya, perusahaan-perusahaan akan mengalami penurunan permintaan atas barang yang mereka produksi. "Ini tentu akan berdampak pada kelancaran membayar kewajiban pada bank," kata dia belum lama ini.

Seperti diketahui, Juli lalu BI juga sempat mencermati kenaikan NPL di beberapa sektor akibat pelambatan pertumbuhan ekonomi. BI masih mencermati penyebab pemburukan kualitas aset perbankan pada Juli.

Seperti diketahui, per Juli 2014, NPL di empat sektor mengalami kenaikan. NPL sektor konstruksi tercatat naik dari 4,24% pada Juni menjadi 4,43%.

Selain itu, NPL sektor pertambangan juga naik menjadi 3,09% dibandingkan bulan sebelumnya 2,49%. Adapun sektor perdagangan mencatat NPL 3,06% dari 2,92% dan jasa sosial naik menjadi 2,96% dari 2,48% pada bulan sebelumnya.

BI memperkirakan, rasio kredit bermasalah (NPL) bank akan membaik di semester kedua karena kondisi likuiditas yang diperkirakan akan kembali longgar pada semester kedua dipercaya akan membantu bank memperbaiki kualitas asetnya.

Secara industri NPL per Juli masih 2,24%. Namun pada Agustus, industri perbankan nasional kembali mencatat kenaikan NPL menjadi 2,31%.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9171 seconds (0.1#10.140)