Harga Cabai di Makassar Naik 100%

Sabtu, 13 Desember 2014 - 14:32 WIB
Harga Cabai di Makassar Naik 100%
Harga Cabai di Makassar Naik 100%
A A A
MAKASSAR - Cuaca buruk yang melanda Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) beberapa pekan terakhir berimbas pada naiknya harga cabai di sejumlah pasar tradisonal di wilayah ini.

Namun, yang paling mengalami lonjakan sangat tinggi adalah harga cabai di pasaran Kota Makassar melonjak hingga 100% lebih dari harga sebelumnya.

Nurlaila, pedagang cabai di Pasar Terong, Makassar hari ini mengaku terpaksa menjual cabai busuk atau rusak karena cabai yang mereka jual tidak laku.

Di pasar ini, harga cabai rawit adalah jenis cabai yang mengalami lonjakan tertinggi dalam dua pekan terakhir dari Rp40 ribu per kg menjadi Rp90 ribu hingga Rp100 ribu per kg.

Jenis cabai kriting juga mengalami kenaikan dari harga sebelumnya Rp30 ribu per kg naik menjadi Rp50 ribu per kg. Untuk cabai besar juga mengalami kenaikan serupa dari Rp25 ribu menjadi Rp55 ribu per kg.

Akibat kenaikan harga tersebut, para pedagang pun terpaksa mengalami kerugian karena banyak cabai jualannya yang rusak dan membusuk karena tidak laku.

Saleh, pedagang cabai di pasar tersebut mengatakan, sejumlah pedagang terpaksa menjual cabainya yang sudah rusak. Cabai yang rusak ini dujual dengan harga Rp30 ribu per kg.

Lonjakan harga cabai di Kota Makassar, sepekan terkahir ini diduga diakibatkan oleh cuaca buruk yang melanda wilayah Makassar. Cuaca buruk juga menyebabkan pengiriman cabai dari daerah ke sejumlah pasar terhambat.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5668 seconds (0.1#10.140)