Harga Bawang Stabil di Pasar Induk Kramat Jati

Minggu, 14 Desember 2014 - 16:38 WIB
Harga Bawang Stabil di Pasar Induk Kramat Jati
Harga Bawang Stabil di Pasar Induk Kramat Jati
A A A
JAKARTA - Kebijakan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi tidak signifikan mempengaruhi harga bawang di Pasar Induk Kramat Jati.

"(Kenaikan BBM) Ada pengaruhnya, namun tidak siginifikan. BBM naik itu kan hanya tambahan ongkos saja, misal biaya transportasi dari Banyuwangi itu Rp4,5 juta, maka tambahan ongkosnya cuma naik 400 ribuan," jelas Asisten Manajer Pasar Induk Kramat Jati H. Sugiono kepada Sindonews, Minggu (14/12/2014).

Menurut dia, harga bawang dari Januari hingga Desember masih stabil di bawah Rp15.000 per kilogram (kg). Pada bulan ini, harga bawang merah dan bawang putih stabil di harga Rp14.000 per kg.

Dia menjelaskan bahwa harga bawang di Pasar Induk Kramat Jati dipengaruhi kondisi cuaca dan iklim. Musim penghujan menyebabkan banyak petani gagal panen.

Selain itu, saat ini juga musim tanam, sehingga jumlah pasokan dari daerah juga berkurang. Pasokan bawang yang masuk ke pasar induk saat ini sekitar 57 ton.

"Saat ini sedang musim hujan, jadi banyak petani yang tidak mengirimkan pasokannya. Jadi, hanya cukup memenuhi pasokan daerahnya," tandasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5052 seconds (0.1#10.140)