Jokowi Singgung Swasembada Pangan di Musrenbangnas

Kamis, 18 Desember 2014 - 13:22 WIB
Jokowi Singgung Swasembada Pangan di Musrenbangnas
Jokowi Singgung Swasembada Pangan di Musrenbangnas
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya saat acara Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) RPJMN 2015-2019 menekankan target swasembada pangan selama lima tahun ke depan.

Presiden Jokowi mengatakan, meskipun Indonesia termasuk negara agraris, tapi kebutuhan pangan sebagian besar masih impor. Seharusnya hal itu tidak perlu terjadi.

"Kita negara agraris tapi faktanya semua kita impor, mulai dari beras, gula, jagung kedelai, pahadal sebetulnya ada potensi untuk swasembada sendiri," katanya di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (18/12/2014).

Mantan Wali Kota Solo ini menegaskan, swasembada pangan bisa dilakukan jika jajaran pemerintah dari pusat hingga daerah mengeluarkan kebijakan yang tepat dan benar.

Jokowi mengaku sudah memberikan target kepada Menteri Pertanian (Mentan) agar tiga tahun ke depan bisa mengatasi persoalan impor beras. "Baru tahun berikutnya gula dan jagung," tegasnya.

Selain swasembada pangan, Jokowi juga menyinggung pembangunan waduk, pencurian ikan hingga potensi lainnya yang harus garap dalam pemerintahan lima tahun kedepan. Kemaritiman juga disampaikan dihadapan Gubernur, Bupati dan Wali Kota se-Indonesia ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jokowi hari ini menghadiri acara Musrenbangnas RPJMN 2015-2019 didampingi Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK).
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2243 seconds (0.1#10.140)