Rupiah Diprediksi Menguat Tahun Depan

Kamis, 18 Desember 2014 - 18:01 WIB
Rupiah Diprediksi Menguat Tahun Depan
Rupiah Diprediksi Menguat Tahun Depan
A A A
JAKARTA - Ekonom Standard Chartered Bank Eric Sugandi memprediksi, nilai tukar rupiah pada 2015 diprediksi menguat di level Rp11.900 per USD.

Menurutnya, penguatan nilai rupiah 2015 akan didorong oleh banyaknya pembangunan infrastuktur yang akan dilakukan dalam pemerintahan Joko Widodo (Jokowi), sebagai bentuk nyata pengalihan subsidi BBM untuk membangun sektor-sektor yang lebih produktif.

Dia mengungkap, pembangunan infrastuktur akan membuat roda pemerintahan berjalan lebih efisien, sehingga fundamental ekonomi juga akan membaik.

"Alasan Rp11.900 per USD tahun depan itu penguatan terjadinya paling cepat di kuartal empat. Itu Fed sudah akan menaikkan suku bunga, jadi biasanya kita cenderung panik dulu sebelum sesuatu itu terjadi," kata Eric.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, biasanya dampak rupiah ke inflasi akan terefleksi sebulan ke depan. Biasanya setiap kenaikan depresiasi rupiah bisa 1%.

"Sebulan ke depan akan terefleksi di inflasinya, tergantung angkanya. Kalau tidak salah antara 0,07% setiap kenaikan depresiasi rupiah bisa 1%. Pokoknya sekitar itu, saya lupa angka pastinya, tetapi impact-nya akan terasa sebulan ke depan, itu terefleksi di inflasi. Ada impact-nya nanti, maka ini saya pakai range di 7,5% sampai 8%," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5423 seconds (0.1#10.140)