Produk Bahan Baku Lokal Diuntungkan Pelemahan Rupiah

Jum'at, 19 Desember 2014 - 10:54 WIB
Produk Bahan Baku Lokal Diuntungkan Pelemahan Rupiah
Produk Bahan Baku Lokal Diuntungkan Pelemahan Rupiah
A A A
JAKARTA - Produk dalam negeri yang menggunakan bahan baku lokal diuntungkan dengan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika (USD).

Seperti diketahui, beberapa waktu belakangan ini nilai tukar rupiah sempat menunjukkan tren pelemahan sebelum adanya intervensi Bank Indonesia (BI). Bahkan mata uang domestik sempat mendekati Rp13.000 per USD, atau terendah sejak 1998.

"Produk dalam negeri yang menggunakan bahan baku lokal itulah yang diuntungkan, produk hortikultura, dan perikanan dengan pelemahan rupiah ini," ujar Menteri Perdagangan Rachmat Gobel di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (19/12/2014).

Kendati demikian, Rachmat menegaskan bahwa tren pelemahan rupiah tidak perlu dikhawatirkan lantaran sifatnya hanya sementara dan musiman.

"Ini kan cuma sementara ya, saya lihat tidak begitu mengawatirkan," tambahnya.

Rachmat menambahkan, pihaknya juga tengah memberikan perhatian khusus pada masalah kedelai. Menurut dia, karena terlalu banyak diimpor, sehingga pelemahan rupiah justru memberikan pukulan yang cukup berat terhadap perdagangan kedelai di dalam negeri.

"Karena begitu banyak impor, jadi ada dampak kenaikan. Pemerintah sudah memikirkan untuk mengatasi dampak kenaikan ini," terang Rachmat.

Pihaknya berencana memanggil para pedagang kedelai untuk mengatasi tren pelemahan rupiah tersebut. Namun pada dasarnya, stok kedelai saat ini masih dalam kondisi aman, yaitu 400 ribu ton, sementara konsumsinya hanya 200 ribu ton per bulan.

"Hanya saja pedagang khawatir kalau beli lagi (kedelai), rupiahnya melemah. Karena itu ada kenaikan, tapi secara stok cukup," jelas dia.

Rachmat bersama dengan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Ngurah Agung Gede Puspayoga berjanji akan mengatasi pelemahan rupiah agar para perajin tempe dan tahu tidak terlalu cemas.

"Supaya para perajin tempe dan tahu tidak cemas. Ini karena semua naik, tidak ada yang perlu dikhawatirkan," tandasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3515 seconds (0.1#10.140)