Gapkindo-Kemendag Bahas Peningkatan Konsumsi Karet

Kamis, 08 Januari 2015 - 17:46 WIB
Gapkindo-Kemendag Bahas Peningkatan Konsumsi Karet
Gapkindo-Kemendag Bahas Peningkatan Konsumsi Karet
A A A
JAKARTA - Gabungan Perusahaan Karet Indonesia (Gapkindo) hari ini membahas tentang peningkatan konsumsi karet di dalam negeri bersama Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Direktur Eksekutif Gapkindo Rusdan Dalimunthe mengatakan, proyeksi konsumsi karet dalam negeri tahun ini mencapai 500 ribu ton.

Jumlah tersebut mengambil porsi 18% dari proyeksi produksi karet tahun ini yang sebanyak 3,2 juta ton.

"Sedangkan untuk bagian cadangan konsumsi dalam negeri, kita cadangkan 400 ribu ton tahun ini. Itu sudah termasuk dari yang sebanyak 500 ribu ton. Untuk semua bukan hanya pembuatan ban," ujarnya di Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendag), Kamis (8/1/2015).

Dia menjelaskan, terdapat tiga proyeksi secara keseluruhan mencakup 18%, 20%, dan 25% dari keseluruhan produksi karet di dalam negeri.

"Masih dibicarakan lagi, tergantung pemakaian dalam negerinya bagaimana. Belum dibicarakan lagi dengan pemerintah. Proyek pemerintah berapa yang berjalan kita belum tahu. Belum sampai sedetail itu belum ada angka pastinya berapa," jelasnya.

Menurutnya, investasi pabrik baru sudah ada. Namun, yang sudah pasti dibangun belum ada kepastian.

"Kalau misalnya pemakaian perlu sekian banyak, pabriknya cukup apa tidak? Makanya masih dibicarakan lagi. Harga karet saat ini USD1,5, intinya masih turun. Kalau ekspornya berkurang, berati demandnya tinggi mungkin akan naik," pungkas Rusdan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3696 seconds (0.1#10.140)