Bareskrim Ajukan Pemblokiran Akun Twitter Penghina Ibu Negara ke Kominfo

Rabu, 23 November 2022 - 13:13 WIB
loading...
Bareskrim Ajukan Pemblokiran Akun Twitter Penghina Ibu Negara ke Kominfo
Bareskrim Polri mengajukan pemblokiran akun Twitter yang diduga menghina Ibu Negara Iriana Jokowi ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bareskrim Polri mengajukan pemblokiran akun Twitter yang diduga menghina Ibu Negara Iriana Jokowi ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Akun @koprofilJati sebelumnya mengunggah foto Iriana dan Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon Hee dengan caption tidak etis.

"Untuk itunya (akun Twitter) mungkin kita ajukan untuk diblokir ke Kominfo," kata Kasubdit I Dit Tipidsiber Bareskrim Polri Kombes Reinhard Hutagaol kepada awak media, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Reinhard mengatakan, Bareskrim telah melakukan profiling terhadap akun Twitter yang diduga menghina Iriana Jokowi tersebut. Namun, pihaknya belum bisa bergerak ke arah selanjutnya lantaran terganjal dengan belum adanya laporan polisi dari pihak yang dirugikan.



"Kita pasti melakukan profiling sudah dilaksanakan. Cuma kan kita bertindak atas laporan ya, kalau belum ada laporan kita belum bisa," ujar Reinhard.

Ia menjelaskan, menunggu laporan dari pihak yang merasa dirugikan merupakan amanat Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga pejabat setingkat Menteri. "Pelapornya begini, kalau dalam SKB tiga menteri itu jadi harus ada pelapor langsung yang merasa dirugikan. Sampai sekarang belum ada kan," ujar Reinhard.

Menurut Reinhard, dalam Pasal 27 ayat (3) UU ITE, pihak yang membuat laporan adalah pihak yang merasa dirugikan. Dengan begitu, dapat diartikan Iriana harus membuat laporan polisi langsung apabila merasa dirugikan. "Delik aduan absolut ya. Harus yang dirugikan," ujarnya.

Baca juga: Iriana Jokowi Diolok-olok, Erick Thohir: Kita Tidak Boleh Diam

Untuk diketahui, akun Twitter @koprofilJati ramai dibahas netizen lantaran dianggap menghina Iriana Jokowi. Unggahan tersebut menampilkan foto Iriana dan Kim Keon Hee dengan caption yang tidak etis. Postingan itu diserbu warganet yang membela Ibu Negara. Mereka kesal atas unggahan yang menghina itu, terlebih sosok Iriana Jokowi dikenal sebagai wanita yang kalem.

Netizen yang dibuat marah oleh postingan itu langsung menelusuri pemilik akun Twitter. Bahkan, foto pemilik akun dan media sosial lainnya, seperti Facebook juga ditelusuri. Dari penelusuran itu, netizaen menduga pemilik akun @KoprofilJati berasal dari Bantul, DI Yogyakarta.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1269 seconds (0.1#10.140)