CORE Beberkan Tiga Langkah Jaga Inflasi

Rabu, 21 Januari 2015 - 19:26 WIB
CORE Beberkan Tiga Langkah Jaga Inflasi
CORE Beberkan Tiga Langkah Jaga Inflasi
A A A
JAKARTA - Analis CORE Indonesia Mohammad Faisal mengatakan, ada beberapa cara agar inflasi bisa terkendali. Pertama, pemerintah harus mempunyai batas atas harga BBM.

Kedua, pemerintah harus bisa mengendalikan inflasi pangan, dan ketiga dari sisi transportasi seharusnya pemerintah telah berkoordinasi dengan Organda terkait kenaikan tarif angkutan umum.

"Jadi kalau misalkan harga BBM naik, maka pemerintah sudah punya kesepakata apa yang akan dilakukan jika harga naik dan turun. Makanya salah satunya yang saya selalu tekankan, seharusnya pemerintah sudah memiliki batas atas untuk BBM. Jadi tidak bisa terus-terusan dilepas semua," katanya di Jakarta, Rabu (21/1/2015).

Dia mengungkapkan, dengan kondisi sekarang, di mana harga BBM yang sudah di floating mengikuti harga pasar di tambah dengan kondisi nilai tukar rupiah yang masih fluktuatif, membuat inflasi tahun ini akan semakin susah untuk diprediksi.

Kemampuan pemerintah untuk mengontrol inflasi akan semakin susah lantaran harga BBM yang sudah di floating. Apalagi, pada saat sekarang harga minyak dunia dalam posisi rendah.

Kalau sudah begitu, dampaknya akan berpengaruh pada laju inflasi yang tinggi serta kenaikan bahan pangan dan tarif transportasi.

"Sehingga, semestinya pemerintah mempunyai batas atas untuk harga BBM agar dapat mengantisipasi ketika harga minyak dunia naik," pungkas dia.

(Baca: CORE Revisi Target Inflasi 2015)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8576 seconds (0.1#10.140)