PTPN III Undang Investor ke KEK Sei Mangkei

Jum'at, 23 Januari 2015 - 14:41 WIB
PTPN III Undang Investor ke KEK Sei Mangkei
PTPN III Undang Investor ke KEK Sei Mangkei
A A A
JAKARTA - Kepala Bagian Perencanaan dan Pengembangan PT Perkebunan Nasional (PTPN) III Rinaldi mengatakan, pihaknya mengundang sejumlah investor untuk masuk dan berinvestasi di kawasan KEK Sei Mangkei.

Hal itu dilakukan menyusul KEK Sei Mangkei yang sudah siap beroperasi satu bulan lebih awal dari target pemerintah pada 26 Februar 2015. KEK Sei Mangkei akan beroperasi pada 27 Januari 2015, dengan berbagai fasilitas yang ada di dalam kawasan tersebut berdasarkan PP 29 Tahun 2012.

“Kami sesungguhnya siap beroperasi karena instansi-instansi lain juga sangat supporting terhadap pelaksanaan dan operasional KEK Sei Mangkei ini,” kata dia dalam rilisnya, Jumat (23/1/2015).

Rinaldi menambahkan, PTPN III hingga saat ini telah memiliki beberapa pabrik yang sudah dibangun di dalam kawasan, seperti pabrik kelapa sawit, kernel oil berkapasitas 450 ton/hari.

Selain itu, Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa Sawit (PLTBS), yang merupakan energi terbarukan dan berasal dari limbah padat sawit, seperti cangkang dan tandan kosong sawit.

“Ini kita manfaatkan menjadi pembangkit tenaga listrik. Saat ini energi PLTBS kita gunakan sendiri,” katanya.

Di samping PTPN III, PT Unilever pada 2013 lalu juga melakukan investasi di dalam kawasan KEK Sei Mangkei. Unilever melakukan investasi sebesar Rp1,5 triliun, dengan ororientasi pada industri agro. Selanjutnya pada akhir Januari 2015, Unilever akan melaksanakan commissioning.

Operasional KEK Sei Mangkei sedianya akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan kunjungan ke Medan untuk melakukan peletakan batu pertama (ground breaking) sejumlah proyek di Sumatera Utara pada 27 Januari 2015 mendatang.

(Baca: KEK Sei Mangkei Siap Beroperasi Pekan Depan)
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4570 seconds (0.1#10.140)