Pengusaha Tegaskan Apel Berbakteri Listeria Tak Beracun

Rabu, 28 Januari 2015 - 14:44 WIB
Pengusaha Tegaskan Apel Berbakteri Listeria Tak Beracun
Pengusaha Tegaskan Apel Berbakteri Listeria Tak Beracun
A A A
JAKARTA - Asosiasi Eksportir dan Importir Buah dan Sayur Segar Indonesia (Aseibssindo) menegaskan, apel asal Amerika Serikat (AS) yang terkontaminasi bakteri listeria monocytogenes tidak beracun.

Ketua Aseibssindo Kafi Kurnia mengatakan, bakteri tersebut tidak menimbulkan toksin yang membahayakan dan tidak beracun.

"Bakteri listeria itu kebetulan bukan bakteri yang membuat toksin, jadi dia enggak bikin racun. Kalau sudah dicuci bakterinya enggak ada dan aman untuk dikonsumsi," jelasnya saat dihubungi wartawan di Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Dia menjelaskan, pada dasarnya mudah sekali untuk terhindar dari bakteri yang ada pada buah asli. Hanya dengan mencuci buah sebelum dikonsumsi, bisa mencegah buah yang kita makan terkontaminasi bakteri.

"Begini, kalau buah asli itu kan bakterinya enggak bisa masuk. Jadi bakterinya itu kemungkinan ada menempel di kulitnya. Nah itu penangangannya cukup dicuci," imbuh Kafi.

Menurutnya, bakteri sedianya lebih mudah masuk ke buah dan sayur yang diolah, seperti salad.

"Jadi di luar negeri itu ada kejadian buahnya itu, sayur salad yang dipotong ada bakterinya, jadi kalau buah murni kemungkinan kecil ada bakterinya," tandas Kafi.

Seperti diketahui, The United States Department of Agriculture (USDA) memberikan peringatan soal produk apel Granny Smith dan Gala asal Bakersfield, California, AS yang mengandung bakteri berbahaya, Listeria Monocytogenes, yang menyebabkan gangguan kesehatan bagi manusia yang terinfeksi.

(Baca: Importir Sebut Apel Berbakteri Hanya Pengalihan Isu)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7077 seconds (0.1#10.140)