Jonan Janji Tertibkan Jembatan Timbang

Rabu, 28 Januari 2015 - 15:05 WIB
Jonan Janji Tertibkan Jembatan Timbang
Jonan Janji Tertibkan Jembatan Timbang
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan berjanji akan menertibkan seluruh jembatan timbang yang ada di Indonesia.

Pasalnya, jembatan timbang di beberapa wilayah Indonesia selalu dijadikan sarang pungutan liar oleh oknum Dinas Perhubungan Daerah.

Jonan mengatakan, pada 2016 seluruh jembatan timbang akan berada di bawah pengawasan nasional atau Kemenhub.

"Kita menawarkan dan kalau bisa pengelolaan serta standarisasi seragam secara nasional. Agar semuanya jalan. Jangan ada yang jalan ada yang tidak, maka kini harus seragam. Menurut saya selama ini jembatan timbang tidak seragam," ujarnya di Komisi V DPR, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Jonan mengatakan, faktanya selama ini jembatan timbang selalu dijadikan pungli khususnya terhadap sopir yang membawa muatan melebihi kapasitas.

Menhub mengakui tidak mudah memusnahkan praktir tersebut karena selama ini jembatan timbang menjadi prioritas pemerintah daerah.

"Kalau jembatan timbang dikelola sangat ketat, maka bisa menghindari kecelakaan lebih besar. Ini juga akan meningkatkan ketahanan jalan supaya tidak terlalu banyak biaya perawatan, karena kalau kelebihan tonase dan berat maka tidak bisa jalan," terangnya.

Pelaksanaan jembatan timbang antara Kemenhub dan Pemda harus dicari formulasi yang baik. "Pada 2016 kelola jembatan timbang, saat ini kelola oleh Dishub daerah, dikelola kami sulit karena yang bina bupati dan gubenur," jelas dia.

Pihaknya sedang mencoba agar jembatan timbang dikelola nasional. Jika tidak bisa, maka tidak apa-apa. "Tahun depan baru dapat direalisasikan dan rampung. Kalau tahun ini tidak kejar. Nantinya, dikelola oleh Kemenhub," tutup Jonan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3094 seconds (0.1#10.140)