Apel Berbakteri Asal AS Beredar di Supermarket

Rabu, 28 Januari 2015 - 15:13 WIB
Apel Berbakteri Asal AS Beredar di Supermarket
Apel Berbakteri Asal AS Beredar di Supermarket
A A A
JAKARTA - Ketua Harian Dewan Hortikultura Nasional Benny Kusbini mengatakan, apel asal Amerika Serikat (AS) yang terkontaminasi bakteri beredar luas di pasar dan supermarket Indonesia.

Dia mengatakan, apel jenis Gala tersebut memiliki ciri berwarna agak kemerahan, dan renyah. "Yang warnanya merah dan renyah itu Gala. Itu banyak beredar di supermarket," ujarnya saat dihubungi wartawan di Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Benny menegaskan, importir apel asal negeri Paman Sam tersebut harus bertanggung jawab dengan kasus tersebut, dan jangan membohongi publik.

"Apel yang terindikasi bakteri itu harus dimusnahkan. Jangan sampai mikirkan hanya rugi. Jangan bohongin publik. Bisa saja labelnya diganti," tegas dia.

Menurutnya, kasus yang terjadi pada dua jenis apel asal AS yaitu Gala dan Granny Smith tersebut menjadi momentum bahwa tidak selamanya produk asal negara adidaya tersebut berkualitas.

"Sudah jelas apel bakteri, dan sudah jelas juga Kemendag menyetop impornya. Momentum untuk kita akhirnya tidak selamanya produksi negara-negara maju berkualitas," pungkas Benny.

Seperti diberitakan sebelumnya, The United States Department of Agriculture (USDA) memberikan peringatan soal produk apel Granny Smith dan Gala asal Bakersfield, California, AS yang mengandung bakteri berbahaya, Listeria Monocytogenes, yang menyebabkan gangguan kesehatan bagi manusia yang terinfeksi.

(Baca: Importir Sebut Apel Berbakteri Hanya Pengalihan Isu)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1812 seconds (0.1#10.140)