APKI: Target Ekspor 300% Tak Mungkin Terealisasi

Selasa, 03 Februari 2015 - 13:30 WIB
APKI: Target Ekspor 300% Tak Mungkin Terealisasi
APKI: Target Ekspor 300% Tak Mungkin Terealisasi
A A A
JAKARTA - ‎Wakil Ketua Umum Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI) Rusli Tan mengatakan, target pemerintah meningkatkan ekspor 300% tidak mungkin terealisasi.

"Tuhan saja bingung mendengarnya, bagaimana mungkin bisa meningkat 300% kalau kapasitas-nya dibatasi," katanya dalam Dialog Investasi Nasional di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, Selasa (3/2/2015).

Menurutnya, dengan kapasitas yang diberlakukan saat ini, maka yang paling disulitkan adalah industri pulp dan kertas. Saat ini, banyak industri kertas yang gulung tikar karena pemerintah kurang memberikan perhatian.

Bahkan, lanjut dia, pengenaan pajak industri kertas juga terlalu tinggi. "Dengan kapasitas sekarang ini, industri kertas momok yang luar biasa, satu per satu industri kertas akan mati‎. Terakhir yang saya dengar, leces sedang bergolak," tambahn Rusli.

Unuk itu, pemerintah harus membuang hambatan ekspor, mewajibkan penggunaan kertas berlogo Sistem Penerimaan Linear dan Kuadrat (SPLK), serta memberikan letter of credit (LC).

"Jika ini diberlakukan industri pulp dan kertas, maka perusahaan swasta akan semakin giat membeli mesin pengelola kertas, sehingga akan meningkatkan nilai tambah kertas," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6359 seconds (0.1#10.140)