Ini Saran Anggito Agar Target Pajak Tercapai

Senin, 16 Februari 2015 - 19:32 WIB
Ini Saran Anggito Agar Target Pajak Tercapai
Ini Saran Anggito Agar Target Pajak Tercapai
A A A
JAKARTA - Chief Economist PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Anggito Abimanyu menyarankan, agar target penerimaan pajak negara sebesar Rp1.484 triliun tercapai, pemerintah cuma perlu menaikkan Penerimaan Pajak Negara (PPn) sebesar 1%.

"Untuk menaikkan pajak, pemerintah cuma perlu menaikkan PPn 1%. Kalau PPn naik maka insentif ekspor akan meningkat, jadi pemerintah bisa menaikkan PPn. Misal kenaikan 1% bisa menaikkan Rp50 triliun," katanya ‎dalam Pemaparan Outlook Ekonomi Makro Indonesia 2015, Gedung BRI I, Jakarta, Senin (16/2/2015).

Meski demikian, lanjut Abimanyu, kebijakan fiskal melalui peningkatan PPn tidak populer di masyarakat lantaran bisa memicu kenaikan harga-harga secara umum. Hal ini akan menimbulkan kekhawatiran masyarakat.

Untuk mengatasi ini, kata dia, pemerintah bisa menyasar segmen masyarakat yang berbeda‎, umumnya pengenaan atas PPn hanya diberlakukan untuk transaksi di sektor formal seperti mall, namun untuk masyarakat kelas bawah, PPn itu tidak akan berlaku.

‎"Segmennya akan menyasar menengah atas. Namun, itu sulit tercapai, karena kondisi ekonomi turun maka PPn akan turun," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3962 seconds (0.1#10.140)