Penyesuaian Harga BBM Butuh Adaptasi

Rabu, 18 Februari 2015 - 13:31 WIB
Penyesuaian Harga BBM Butuh Adaptasi
Penyesuaian Harga BBM Butuh Adaptasi
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil‎ mengatakan, penyesuaian harga BBM per dua pekan membutuhkan waktu adaptasi. Sebab, ini merupakan kebiasaan baru di tengah masyarakat.

Menurutnya, penghapusan subsidi di beberapa negara malah berimplikasi positif bagi pengaturan inflasi dan kebijakan ekonomi.

"Harga BBM ditentukan keekonomian bukan oleh pemerintah. Tren naik dan turunnya minyak dunia ini kan belum bisa dianggap stabil. Bisa saja hari ini naik besok turun lagi. Yang kita lihat harga rata-rata per dua minggu," jelasnya saat Rapat Paripurna DPD di Gedung Nusantara IV, Jakarta, Rabu (18/2/2015).

Dia mengatakan, kecendrungan harga minyak dunia mengalami kenaikan selama dua pekan terakhir, sebab itu pemerintah akan melakukan review harga BBM per 1 Maret 2015.

"Kalau minyak naik dan kecenderungannya seperti itu, maka akhir bulan akan di-review lagi dan berubah harga per 1 maret," ujarnya.

Sofyan menegaskan, penyesuaian harga BBM akan disesuaikan dengan harga rata-rata kurs selama dua pekan terakhir, sementara untuk solar diberikan subsidi sebesar Rp1.000.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.0989 seconds (0.1#10.140)