Lelang Pengembangan Bandara Hang Nadim Dikebut

Rabu, 18 Februari 2015 - 23:35 WIB
Lelang Pengembangan Bandara Hang Nadim Dikebut
Lelang Pengembangan Bandara Hang Nadim Dikebut
A A A
BATAM - Persiapan proyek apron dan terminal Bandara Hang Nadim, Batam segera dilakukan dengan penerbitan lelang pekerjaan paling lambat pada April 2015. Hal ini karena proses pembangunan sudah mendesak.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Badan Pengusaha (BP) Batam, Imam Bachroni mengatakan, proyek pertama yang segera dilakukan adalah pembangunan apron atau pelataran parkir pesawat yang dimulai April, setelah dokumen lelang rampung.

Penambahan terminal eksisting akan dikejar pada tahun ini juga sebelum terlambat mengantisipasi lonjakan kapasitas penumpang yang diperkirakan terjadi pada 2015.

"Benar-benar kami menyiapkan bandara karena dikejar sekali. Yang pertama apron April tahun ini kami lelang," ujarnya, Rabu (18/2/2015).

Upaya menggenjot pengembangan Bandara ini bertujuan untuk mengakselerasi persiapan Hang Nadim sejalan dengan bertumbuhnya bisnis maskapai dan jumlah penumpang. Sejauh ini, BP Batam sudah merampungkan Detailed Engineering Design (DED) sebagai langkah awal persiapan proyek.

Menurut Imam, saat ini kapasitas 5 juta penumpang Hang Nadim akan ditambah menjadi 8 juta per tahun setelah melihat perkembangan penumpang per 2014 yang menyentuh 4,8 juta. Jumlah penumpang itu diperkirakan akan melewati kapasitas maksimal Hang Nadim pada tahun ini.

"Pada 2015 bakal lewat. Makanya kami harus antisipasi dengan penambahan hingga kapasitas 8 juta penumpang," ujarnya.

Berdasarkan data dari BP Batam, pada 2012 jumlah penumpang Bandara Internasional Hang Nadim Batam sebanyak 3,8 juta orang dengan 84 penerbangan per hari. Sementara pada 2013 jumlah penumpang meningkat menjadi 4,1 juta penumpang dengan jumlah penerbangan mencapai 104 penerbangan reguler per hari. Hingga akhir 2014 jumlah penumpang 4,8 juta dengan 116 penerbangan reguler per hari.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4264 seconds (0.1#10.140)