BI Klaim Inflasi Februari Terkendali

Rabu, 25 Februari 2015 - 09:55 WIB
BI Klaim Inflasi Februari Terkendali
BI Klaim Inflasi Februari Terkendali
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengklaim inflasi pada Februari berangsur terkendali. Bahkan, kebijakan pemerintah terkait subsidi bahan bakar minyak (BBM) cenderung membuat inflasi terjaga.

"Kita lihat APBN Perubahan pun bisa memberikan dampak lebih baik," ujarnya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/2/2015).

Dia menuturkan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemerintah untuk menyinkronkan kebijakan moneter demi mengendalikan inflasi.

"Perkembangan di Amerika yang kondisinya cenderung membaik, ada juga negara-negara di Eropa dan di Jepang, China sebagai mitra dagang Indonesia ada pertumbuhan ekonomi yang baru mengarah 6% sampai 7%," imbuh dia.

Menurutnya, kekhawatiran akan merangkaknya harga daging ayam dan cabai yang terjadi sejak November tahun lalu berangsur pulih. Bank Indonesia saat ini juga terus memantau kenaikan harga beras, yang berpotensi menyebabkan inflasi.

"Pemerintah juga sudah mengidentifikasi ini dan ada suplai dari Bulog, ada limpahan (beras) 300 ribu ton, ini mebuat harga beras terkedali," tambah dia.‬

Selain itu, sambung Agus, adanya panen besar pada Maret hingga April mendatang akan membuat harga beras lebih terkendali. Pasalnya, panen raya akan membuat suplai beras menjadi besar.

"Pemerintah pusat pun akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah (kendalikan harga beras)," tandasnya.

Sekadar informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Januari lalu, Indonesia mengalami deflasi sebesar 0,24%, sedangkan inflasi dari tahun ke tahun sebesar 6,96%.

Inflasi inti Januari 2015 sebesar 0,61% dan inflasi inti tahun ke tahun sebesar 4,99%. Adapun deflasi Januari terjadi karena turunnya harga BBM, yang berimbas pada menurunnya tarif angkutan.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4766 seconds (0.1#10.140)