Diskon Minyak Rusia Mengalir Deras ke Asia, Negara Mana Saja?

Rabu, 14 Desember 2022 - 14:39 WIB
loading...
Diskon Minyak Rusia Mengalir Deras ke Asia, Negara Mana Saja?
Rusia telah menawarkan minyak dengan harga diskon kepada negara-negara pembeli di Asia. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - India dan China telah menjadi pembeli terbesar minyak Rusia karena negara-negara Barat membatasi pembelian dan menjatuhkan sanksi. Negara-negara G7 yang didukung oleh Uni Eropa dan Australia mengeluarkan kebijakan membatasi harga pembelian minyak Rusiatelah menciptakan ketidakpastian di pasar global.

Saat negara-negara penghasil minyak utama berusaha mempertahankan harga global dengan mengendalikan produksi, Rusia telah menawarkan minyaknya dengan harga diskon kepada pembeli di Asia. Melansir BBC, impor minyak Rusia ke India telah meningkat dari basis yang sangat rendah pada awal tahun mencapai puncaknya pada bulan Juni dan Juli dan sebagian besar mempertahankan level ini hingga November.

Sementara pembelian minyak Rusia oleh China telah berfluktuasi tahun ini, jatuh pada bulan Februari pada awal invasi Rusia ke Ukraina, tetapi kemudian meningkat secara signifikan pada bulan-bulan berikutnya. Rusia telah menjual minyak dengan menebar diskon sejak Maret tahun ini setelah invasi Ukraina. Pada bulan Maret, impor minyak gabungan oleh China dan India dari Rusia mengambil alih dari 27 negara anggota UE. Dari akhir November, tampaknya ada lonjakan baru dalam pembelian minyak oleh India.

"Kemungkinan ini merupakan tanda bahwa pemuatan telah beralih dari menuju ke 27 negara UE dan sebaliknya menuju ke India," kata Matt Smith, seorang analis minyak di Kpler.



Para ahli berpendapat bahwa jika pasokan minyak berlanjut pada tingkat yang sama di bulan Desember, Rusia dapat menjadi pemasok tunggal terbesar di India.

Negara-negara lain juga memanfaatkan potongan harga minyak mentah Rusia - misalnya Sri Lanka, yang sedang bergulat dengan krisis ekonomi yang parah. Pakistan juga telah bernegosiasi dengan Rusia untuk membeli minyak dengan potongan harga, meskipun belum ada kesepakatan yang tercapai.

Diskon Mengalir Deras ke Asia

Menyusul invasinya ke Ukraina, Rusia memiliki lebih sedikit pembeli untuk minyak mentah Uralnya, dengan beberapa pemerintah asing dan perusahaan memutuskan untuk menghindari ekspor energinya, dan harganya mulai turun.

Pada satu titik awal tahun ini, minyak mentah Ural Rusia lebih murah USD30 per barel daripada minyak mentah Brent ebagai patokan. Diskon turun menjadi USD20 per barel lebih murah pada bulan September, tetapi meningkat lagi mencapai diskon USD33 per barel dibandingkan dengan minyak mentah Brent pada bulan November.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1294 seconds (0.1#10.140)