Mayora Dapat Prospek Negatif dari Pefindo

Kamis, 26 Februari 2015 - 14:44 WIB
Mayora Dapat Prospek Negatif dari Pefindo
Mayora Dapat Prospek Negatif dari Pefindo
A A A
JAKARTA - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan prospek negatif PT Mayora Indah Tbk (MYOR) pada periode 9 Februari 2015-1 Februari 2016.

Sementara MYOR mendapatkan peringkat idAA- untuk perusahaan dan obligasi IV/2012 serta idAA-(sy) untuk sukuk mudharabah II/2012.

Analis Pefindo Martin Pandiangan menjelaskan, penyematan peringkat tersebut dalam hal mengantisipasi struktur permodalan.

"Hal ini tetap dipertahankan, mengantisipasi jika tidak ada perbaikan di struktur permodalan dalam waktu dekat," kata dia, Kamis (26/2/2015).

Martin mengungkapkan pendukung peringkat perusahaan adalah kuatnya pasar makanan dalam kemasan di Indonesia. Kemudian, produk yang terdiversifikasi dengan kontribusi yang meningkat di pasar ekspor.

Sedangkan, faktor yang membatasi peringkat, antara lain risiko fluktuasi biaya bahan baku. Kemudian, kompetisi industri yang bergerak di bidang yang sama.

"Kita ketahui dalam 2 tahun pemain kopi cukup agresif, cukup mengganggu kinerja MYOR, pangsa pasar tergerus pemain kopi," pungkasnya.

Peringkat tersebut dapat diturunkan jika perbaikan marjin profitabilitas di bawah ekspektasi Pefindo yang disebabkan oleh penambahan utang secara signifikan dalam jangka dekat.

Akan tetapi prospek dapat direvisi menjadi stabil jika perusahaan dapat memperbaiki struktur permodalan dan perlindungan arus kas secara berkelanjutan.

Pada saat yang sama, Pefindo menetapkan peringkat idAAA kepada PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), dengan prospek stabil.

Assistan Manager Financial Institution Ratings Pefindo Adrian Noer mengatakan, peringkat tersebut mencerminkan dukungan yang kuat dan terbukti dari pemerintah Indonesia, posisi usaha, dan profitabilitas yang baik.

"Namun peringkat dibatasi tingginya persaingan di segmen pembiayaan mikro," ujarnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3929 seconds (0.1#10.140)