Perbanas Minta Perbankan Tambah Penerimaan Deposito

Jum'at, 27 Februari 2015 - 15:52 WIB
Perbanas Minta Perbankan Tambah Penerimaan Deposito
Perbanas Minta Perbankan Tambah Penerimaan Deposito
A A A
JAKARTA - Ketua Perhimpunan Bank-bank Umum Nasional (Perbanas) Sigit Pramono menyarankan, perbankan nasional bisa menambah penerimaan deposito untuk meningkatkan ekspansi pembiayaan infrastruktur.

Hal tersebut lantaran loan to deposit ratio (LDR) bank-bank nasional mencapai lebih dari 90%. Akibatnya, kemampuan perbankan untuk melakukan pembiayaan infrastruktur dan sektor rill terbatas.

"Deposito harus ditingkatkan, kemampuan bank-bank nasional untuk membiayai pembangunan dan sektor riil akan terbatas, karena LDR rata-rata sudah di atas 90%," katanya usai Expert Group Discussion soal ketahahan sektor jasa keuangan di Kantor OJK, Jakarta, Jumat (27/2/2015).

Selain menambah penerimaan deposito, pihaknya menyarankan‎ perbankan juga bisa melakukan penambahan modal secara organik maupun anorganik seperti melalui pasar modal, corporate action, right issues, merger dan akuisisi.

Kendati demikian, kecendrungan perilaku perbankan dalam menekan LDR berbeda-beda lantaran tidak semua bank memiliki kesamaan pemodalan.

‎"Bank-bank berbeda-beda, ada bank yang menambah modal, kalau tidak bisa melakukan itu, bisa melakukan yang lain. Tapi menurut saya itu keharusan menambah modal untuk membuat LDR membaik, kalau menggenjot D (deposito) supaya LDR membaik, maka itu bisa dilakukan," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5896 seconds (0.1#10.140)