Menkes Akan Gunakan Pinjaman Luar Negeri Bangun RS

Sabtu, 28 Februari 2015 - 08:39 WIB
Menkes Akan Gunakan Pinjaman Luar Negeri Bangun RS
Menkes Akan Gunakan Pinjaman Luar Negeri Bangun RS
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berencana menggunakan dana pinjaman dari luar negeri untuk penguatan layanan kesehatan. Salah satunya membangun rumah sakit (RS) regional, nasional, dan puskesmas.

Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek mengungkapkan, saat ini pihaknya masih mengkaji kemungkinan penggunaan pinjaman luar negeri tersebut untuk peningkatan layanan kesehatan. "Kalau layanan primer puskesmas mungkin jumlahnya banyak, tapi intinya kecil. Regional itu sekunder, nasional sudah ada hanya memberikan isinya agar lebih optimal," jelasnya di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (27/2/2015).

Dia melanjutkan, dana pinjaman luar negeri tersebut juga bakal digunakan untuk kebutuhan laboratorium nasional. Ini karena bibit penyakit lebih variatif dan gerbang masuknya penyakit terbuka lebar.

"Contoh MERS atau virus musim haji. Kita jaga betul. Saya tadi perhatikan butuh laboratorium untuk mengidenfikasi virus," tambahnya.

Kendati demikian, Menkes masih belum menghitung angka pasti kebutuhan penguatan layanan kesehatan tersebut. Saat ini, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015 yang diberikan pemerintah masih mencukupi.

"Untuk APBN 2015 sudah sesuai rencana kami. Tentu pemikirannya lima tahun ke depan. Tiap tahun mesti menambah sarana dan prasarana," tandas Nila.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4110 seconds (0.1#10.140)