BPS: Pelemahan Rupiah Untungkan Ekspor RI

Senin, 02 Maret 2015 - 13:30 WIB
BPS: Pelemahan Rupiah Untungkan Ekspor RI
BPS: Pelemahan Rupiah Untungkan Ekspor RI
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) masih tertekan. Badan Pusat Statistik (BPS) menilai bahwa kondisi ini akan berimbas kepada neraca perdagangan, khususnya ekspor Indonesia.

Deputi Statistik Bidang Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadiwibowo mengatakan, ekspor Indonesia akan menguat karena didukung harga barang-barang dari Indonesia yang kompetitif di luar negeri.

"Saya kira dengan rupiah melemah, ekspor kita mungkin akan menguat karena harga barang-barang kita akan kompetitif di luar. Artinya kita punya peluang untuk menguat," ujarnya di Kantor BPS Jakarta, Senin, (2/3/2015).

Untuk besaran proyeksi ekspor, pihaknya belum bisa memperkirakan, lantaran pasar dunia belum menampakkan kestabilan ke pokok. "Kita enggak tahu ya (untuk nilainya). Pasar dunia kan masih belum balik ke pokok. Tentu kita belum butuh kerja keras," kata dia.

Di sisi lain, Sasmito juga berharap, masalah hukuman mati dengan negara Brazil tidak berlangsung terus sehingga tidak mengganggu kerja sama ekspor impor Indonesia.

"Ya, meskipun perdagangan kita dengan Brazil enggak terlalu besar, cuma tetap saja kita harus menjaga semua pasar internasional kita agar terjalin dengan baik," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6894 seconds (0.1#10.140)