Ini Kata Dirut Mandiri Soal Pelemahan Rupiah

Senin, 02 Maret 2015 - 20:02 WIB
Ini Kata Dirut Mandiri Soal Pelemahan Rupiah
Ini Kata Dirut Mandiri Soal Pelemahan Rupiah
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Budi Gunadi Sadikin turut memberikan komentar terhadap fluktuasi rupiah yang anjlok hari ini. Dia, pelemahan rupiah lantaran ada masalah supply dan demand yang fundamental.

"Tadi naik ke atas, terus turun lagi, ini ada masalah supplay demand fundamental masalah phsycologycal, tapi kalau saya lihat yang terakhir-terakhir ini lebih ke phsycologycal," ujarnya di Jakarta, Senin (2/3/2015).

Namun, Budi menerangkan, fundamental Indonesia nyatanya membaik, contoh inflasi turun, deflasi malah terjadi (lagi) di Februari menurut data BPS.

"Kalau inflasi turun itu harusnya bisa good news lah buat orang-orang. Artinya ekonomi kita membaik sehingga tekanan ke kurs rupiah harusnya tidak setinggi ini. Ini mungkin lebih ke phsycologycal para pedagang saja untuk menjual barang-barangnya," kata dia.

Memang, lanjutnya, ada catatan ekspor Indonesia kurang, karena sudah di set off pengurangan ekspor minyak yang besar sekali. Seharusnya, kurs rupiah lebih stabil di kisaran angka saat ini, tidak perlu naik terlalu ke atas, tinggal bagaimana phsycolgynya.

"Butuh teman-teman pers ketahui juga kalau beritanya yang dikeluarkan jelek-jelek terus soal rupiah, otomatis orang kan jadi begini, heboh dan panik. Secara fundemental harusnya sudah lebih stabil kondisinya," pungkas Budi.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5688 seconds (0.1#10.140)