BKPM: Investor Sudah Perhitungkan Pelemahan Rupiah

Kamis, 05 Maret 2015 - 19:22 WIB
BKPM: Investor Sudah Perhitungkan Pelemahan Rupiah
BKPM: Investor Sudah Perhitungkan Pelemahan Rupiah
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengatakan, investor sudah memperhitungkan banyak hal atas pelemahan rupiah terhadap investasi. Hal ini sudah diperhitungkan perusahaan yang akan menanamkan investasi baik dari dalam maupun asing.

"Kalau untuk investasi yang masuk ke BKPM itu pasti sudah memperhitungkan banyak hal. Mengenai naik turunnya atau melemahnya rupiah tentu sebagian besar industri kita masih menggunakan barang modal impor. Jadi sudah pasti bisa diperhitungkan," ujar Farnky di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (5/3/2015).

Namun, investasi tetap akan berjalan sebagaimana mestinya. Bahkan, investasi yang sedang berjalan, tidak ada kaitanya dengan investasi yang akan masuk. Apalagi terkait dengan melemahnya rupiah.

"Dengan melemahnya rupiah, bisa jadi pertimbangannya mereka adalah menunda untuk investasinya. Tapi seperti yang saya bilang tadi, perusahaan besar pasti sudah mempertimbangkan baik dan buruknya," papar dia.

Untuk perusahaan yang memfokuskan orientasinya kepada ekspor, dipasitkan akan berjalan karena perusahaan tersebut bahan bakunya impor. "Setelah mereka dapatkan bahan baku impor itu, barulah mereka akan ekspor," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1241 seconds (0.1#10.140)