Rupiah Ambruk, Rini Sarankan BUMN Lakukan Hedging

Jum'at, 06 Maret 2015 - 11:39 WIB
Rupiah Ambruk, Rini Sarankan BUMN Lakukan Hedging
Rupiah Ambruk, Rini Sarankan BUMN Lakukan Hedging
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno kembali menyarankan perusahaan BUMN untuk melakukan upaya lindung nilai (hedging) dalam merespon pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Ambruknya rupiah tentu membebani BUMN yang bertransaksi menggunakan USD.

Dia mengatakan, upaya lindung nilai tersebut dilakukan untuk mengurangi risiko BUMN terhadap valuta asing. Sebab itu, pihaknya mendorong perusahaan pelat merah untuk mengurangi risiko tersebut.

"Dalam arti bukan menyelamatkan. Tapi kami melihatnya begini, di mana BUMN itu mempunyai risiko valuta asing yang tinggi sedangkan pendapatan di valuta asing rendah. Jadi, kami dorong mereka untuk mengurangi risiko itu. Kami dorong mereka lakukan hedging," ucapnya di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (6/3/2015).

Kendati demikian, lanjut Rini, pelemahan nilai tukar rupiah terhadap USD tersebut tidak terlepas dari pelemahan kurs dan valuta asing di lingkungan ASEAN. Penguatan USD tidak hanya berdampak terhadap pelemahan mata uang Indonesia saja, melainkan mata uang negara lainnya.

"Kita memang lihatnya rupiah sangat kuat ya. Itu terlihat bahwa pelemahan rupiah tidak terlepas dari pelemahan kurs dan valuta asing yang lain di sekitar ASEAN. Jadi kita lihatnya normal saja," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6302 seconds (0.1#10.140)