Asian Agri Bangun Lima PLTB Ramah Lingkungan

Jum'at, 06 Maret 2015 - 14:22 WIB
Asian Agri Bangun Lima PLTB Ramah Lingkungan
Asian Agri Bangun Lima PLTB Ramah Lingkungan
A A A
JAKARTA - Perusahaan kelapa sawit nasional, Asian Agri membangun Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTB) yang mengolah limbah cair sawit Palm Oil Mill Effluent (POME), menjadi energi listrik yang akan bermanfaat bagi masyarakat.

Lima PLTB ini dibangun dua unit di Sumatera Utara, dua unit di Riau dan satu unit di Jambi. PLTB ini menggunakan teknologi dari Jepang dengan menggunakan digester tank. Teknologi ini merupakan teknologi terbaru yang diterapkan industri sejenis.

Setiap PLTB yang dibangun diyakini mampu menghasilkan power sebesar 2 MW. Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Gamal Nasir pun mengapresasi langkah Asian Agri tersebut.

"Saya pikir itu suatu langkah yang sangat bagus untuk penerangan listrik, apalagi tarif listrik juga naik. Ini juga lebih efisien dan bisa disalurkan ke masyarakat atau dijual ke PLN," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (6/3/2015).

General Manager Asian Agri Freddy Widjaya menuturkan, pembangunan PLTB ini menggunakan teknologi Jepang yang menggunakan digester tank.

"Teknologi ini kami nilai lebih unggul karena prosesnya menggunakan 'an aerobic membarne tank' yang fungsinya mempercepat dan memaksimalkan proses pembentukkan gas metan," kata Freddy.

Kelima PLTB ini dalam proses penyelesaian dan rencananya akan mulai beroperasi pada pertengahan bulan ini. "Jika kelima pabrik tersebut telah beroperasi maka 5 PLTB Asian Agri ini mampu menghasilkan listrik 10 MW yang nantinya dapat mendukung pasokan energi nasional," ujarnya.

PLTB ini menurutnya sangat ramah lingkungan. Selain mengurangi emisi gas metan ke atmosfir, limbah sisa akhir proses produksi biogas yang sudah tidak ada gasnya juga masih dapat digunakan sebagai pupuk tanaman. "Ini juga mengurangi penggunaan pupuk kimia," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6149 seconds (0.1#10.140)