BI Yakin Ekonomi Jateng Kuartal I Tumbuh Positif

Senin, 09 Maret 2015 - 21:09 WIB
BI Yakin Ekonomi Jateng Kuartal I Tumbuh Positif
BI Yakin Ekonomi Jateng Kuartal I Tumbuh Positif
A A A
SEMARANG - Pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah (Jateng) pada kuartal I/2015 diprediksi akan terus meningkat atau lebih tinggi dibanding periode sama tahun sebelumnya.

Direktur Eksekutif Bank Indonesia (BI) Wilayah Jateng Iskandar Simorangkir mengatakan, pertumbuhannya ditopang oleh kinerja ekspor yang diperkirakan mulai membaik. Di sisi lain, permintaan domestik khususnya konsumsi rumah tangga masih relatif tinggi, dan masih menjadi penopang utama pertumbuhan ekonomi.

“Untuk pertumbuhan ekspor masih tumbuh terbatas di tengah kondisi ekonomi Eropa dan Tiongkok yang belum membaik,” katanya di Semarang, Senin (9/3/2015).

Dia melanjutkan, struktur perekonomian Jawa Tengah dari sisi sektoral masih didominasi sektor industri pengolahan, sektor perdagangan besar-eceran dan reparasi mobil sepeda motor, serta sektor pertanian, kehutanan dan perikanan.

Membaiknya kinerja industri pengolahan ini dapat dilihat dari perkembangan impor bahan baku yang meningkat. Nilai impor bahan baku mengalami peningkatan dibanding kuartal sebelumnya, dan masih mencatatkan laju pertumbuhan tahunan yang positif.

"Mengingat tingginya impor bahan baku terhadap total keseluruhan impor di Jawa Tengah, peningkatan nilai impor bahan baku ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kinerja industri pengolahan pada kuartal selanjutnya," jelasnya.

Peningkatan pertumbuhan ekonomi ini tidak terlepas dari kelancaran sistem pembayaran untuk mendukung kegiatan transaksi.

Menurutnya, sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan juga diperkirakan meningkat. Namun, peningkatan ini akan tertahan sektor perdagangan besar-eceran dan reparasi mobil dan sepeda motor yang diprediksi akan melambat.

"Perlambatan ini terkait koreksi dari penjualan di akhir tahun yang cenderung tinggi, sesuai pola musimannya. Selain itu, indeks penjualan riil Januari dan Februari (survei pedagang eceran) juga menunjukkan adanya penurunan dibandingkan kuartal IV/2014," jelasnya.

Sekadar informasi, pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah pada kuartal IV/2014 meningkat sebesar 6,2% (yoy) dibanding kuartal sebelumnya sebesar 5,7% (yoy). Pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah selama tahun 2014 pun mencapai 5,4% (yoy), lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yang sebesar 5,1% (yoy).
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0827 seconds (0.1#10.140)