CORE: Pelemahan Rupiah Akan Timbulkan Inflasi

Selasa, 10 Maret 2015 - 19:00 WIB
CORE: Pelemahan Rupiah Akan Timbulkan Inflasi
CORE: Pelemahan Rupiah Akan Timbulkan Inflasi
A A A
JAKARTA - Direktur Riset CORE Indonesia Mohammad Faisal menilai, pelemahan rupiah yang terjadi selama beberapa pekan bisa berdampak pada laju inflasi.

Pasalnya, salah satu penyebab inflasi yaitu kenaikan harga-harga karena konsumsi yang berasal dari barang-barang impor, baik itu dalam bentuk barang-barang kebutuhan industri, bahan baku, bahan penolong atau dalam bentuk bahan jadi. "Dengan begitu, otomatis pelemahan rupiah akan berdampak pada kenaikan harga-harga dan kenaikan inflasi," katanya kepada Koran Sindo, Selasa (10/3/2015). ‎

Menurutnya, untuk Maret ini kemungkinan akan ada inflasi namun masih kecil. Hal ini dikarenakan, efek penurunan harga kebijakan BBM yang terjasi pada Januari masih ada tapi tinggal sedikit. Jika dilihat kecendrungan harga BBM yang mengikuti harga minyak dunia akan menjadi pendorong adanya inflasi bulan ini.

"Intinya bulan ini akan ada inflasi yang lebih besar daripada efek deflasi yang kemarin, sehingga yang terjadi secara total inflasi mungkin bisa dikisaran 0,1%-0,4%," tutup Faisal.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6623 seconds (0.1#10.140)