Pelindo III Tak Khawatir USD Menguat

Kamis, 12 Maret 2015 - 14:48 WIB
Pelindo III Tak Khawatir USD Menguat
Pelindo III Tak Khawatir USD Menguat
A A A
JAKARTA - PT Pelindo III (Persero) mengakui bahwa kuatnya mata uang dolar Amerika Serikat (USD) terhadap rupiah tidak terlalu berdampak signifikan terhadap aktivitas perusahaan. Pasalnya, perusahaan tersebut hampir secara keseluruhan transaksinya menggunakan dolar.

Hal tersebut disampaikan Deputi General Manager PT Pelindo III Bambang Hasbullah. Menurutnya, pelemahan rupiah saat ini tidak mengganggu kinerja perusahaan.

"Kebetulan di Pelindo III hampir secara keseluruhan, ya ada beberapa aktivitas kegiatan, komponen tarif ada yang menggunakan dolar, kemudian kegiatan-kegiatan luar negeri khususnya untuk kapal-kapal luar negeri mengenakan tarif dolar khususnya kegiatan petikemas asing kita menegenakan itu," ujarnya di Jakarta, Kamis (12/3/2015).

Jadi secara keseluruhan, lanjut Bambang, tren USD menguat ini tidak terlalu mengganggu. Karena sebagian menggunakan dolar. "Hanya saja untuk transaksi yang menggunakan rupiah, kita saling subsidi silang saja. Kalau untuk kenaikan di sana sini, itu sudah pasti ada," terang dia.

Menguatnya mata uang USD beberapa waktu terakhir ini membuat banyak perusahaan pontang panting mengatur strategi untuk perusahaannya agar tetap untung dan tanpa membebani masyarakat.

Kondisi rupiah yang mencapai angka Rp13.200 per USD ini cukup membuat perusahaan khawatir usahanya yang menggunakan rupiah.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6764 seconds (0.1#10.140)