BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini Lebih Baik

Selasa, 17 Maret 2015 - 17:29 WIB
BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini Lebih Baik
BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini Lebih Baik
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mengungkapkan pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan mulai membaik dan secara keseluruhan lebih tinggi dari 2014. Di mana pertumbuhan ekonomi pada triwulan I/2015 meningkat dibanding triwulan sebelumnya.

Hal ini terutama ditopang konsumsi swasta yang meningkat seiring dengan terkendalinya inflasi. Selain itu, konsumsi pemerintah membaik sejalan dengan peningkatan pengeluaran pemerintah.

"Sementara itu, ekspor diperkirakan masih terkontraksi, walaupun mulai mengalami perbaikan akibat turunnya harga komoditas dan masih lemahnya permintaan dunia," ujar Deputi Gubernur BI Bidang Komunikasi, Tirta Segara, Selasa (17/3/2015)

Dia melanjutkan, investasi diperkirakan masih tumbuh terbatas pada triwulan I 2015, dan akan meningkat pada triwulan-triwulan selanjutnya seiring dengan meningkatnya belanja modal pemerintah. "Ke depan kita ingin pertumbuhan ekonomi pada 2015 diperkirakan berada pada kisaran 5,4-5,8%," katanya.

Terutama, lanjut Tirta, ditopang pertumbuhan investasi yang meningkat seiring dengan realisasi berbagai proyek infrastruktur dan perbaikan iklim investasi. "Di samping itu, konsumsi tetap kuat dan ekspor secara gradual akan membaik ke depan," pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5326 seconds (0.1#10.140)