Harga Sembako di Padang Melambung

Kamis, 19 Maret 2015 - 21:26 WIB
Harga Sembako di Padang Melambung
Harga Sembako di Padang Melambung
A A A
JAKARTA - Harga sembako di berbagai daerah membuat sejumlah pedagang menjerit. Seperti terjadi di Padang, Sumatera Barat (Sumbar), sejumlah pedagang di pasar tradisional mengeluhkan melambungnya harga hingga 100%.

Berdasarkan pantauan di Pasar Raya Kota Padang, Kamis (19/3/2015), sejumlah sembako di pasar ini mengalami kenaikan signifikan. Misalnya harga bawang merah yang semula dijual seharga Rp13 ribu per kilogram (kg) menjadi Rp30 ribu per kg.

Yaya Marhesos, salah satu pedagang di pasar tersebut mengatakan, kenaikan harga bawang ini disebabkan tidak adanya pasokan bawang merah yang masuk dari Pulau Jawa seperti sebelumnya.

Sementara, jumlah pasokan bawang lokal tidak mencukupi permintaan pasar sehingga harga beli ke petani menjadi mahal. Selain bawang merah, sejumlah bahan kebutuhan pokok lainnya juga mengalami kenaikan seperti cabai merah naik dari Rp18 ribu menjadi Rp23 ribu per kg.

Selain komoditas tersebut, harga kentang juga naik dari Rp6 ribu per kg menjadi Rp8 ribu per kg dan sayur mayur juga mengalami kenaikan hingga Rp2 ribu per kg. Kenaikan harga sembako ini membuat sejumlah pedagang di pasar tradisional Kota Padang menjerit dan mengeluh.

Hal tersebut dikarenakan berkurangnya daya beli masyakat di pasaran. Kenaikan harga sembako ini sudah terjadi selama satu pekan terakhir. Para pedagang berharap agar harga sembako di pasaran kembali normal, sehingga penjualan mereka kembali stabil.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4877 seconds (0.1#10.140)