AP I Akan Perluas Kapasitas Bandara Syamsudin Noor

Rabu, 25 Maret 2015 - 15:00 WIB
AP I Akan Perluas Kapasitas Bandara Syamsudin Noor
AP I Akan Perluas Kapasitas Bandara Syamsudin Noor
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Angkasa Pura I (AP I) Tommy Soetomo mengungkapkan, perseroan siap mengembangkan Bandara Internasional Syamsudin Noor di Kalimantan Selatan. Bahkan, kapasitas penumpang di bandara tersebut akan diperluas hingga empat kali lipat.

Dia mengatakan, saat ini kapasitas penumpang yang ada di bandara tersebut baru sekitar 3,5 juta orang per tahun. Nantinya, kapasitas penumpang akan diperbanyak hingga 12 juta penumpang tiap tahun.

"Sekarang penumpang di Banjarmasih sekitar 3,5 juta penumpang per tahun. Kita akan buat kapasitas empat kalinya," tutur Tommy di kantor Wapres, Jakarta, Rabu (25/3/2015).

Dalam lima tahun terakhir ini penumpang pesawat di Kalimantan Selatan meningkat drastis. Terlebih, penggunaan pesawat untuk kebutuhan religi seperti umroh meningkat pesat.

Menurutnya, dengan dikembangkannya bandara tersebut, otomatis taraf perekonomian di wilayah tersebut juga akan mengalami peningkatan. "Seperti telur dan ayam, dengan dibangunnya bandara, ekonomi regional berkembang," imbuhnya.

Perluasan bandara tersebut akan selesai dalam kurun 2,5 tahun. Dengan demikian, jika perluasan tersebut dimulai April, maka perluasan bandara akan selesai pada 2017.

Anggaran yang digelontorkan untuk perluasan bandara Syamsudin Noor ini mencapai Rp2,5 triliun, yang akan disokong sepenuhnya oleh keuangan internal perseroan.

"Ya mungkin 2,5 tahun, tapi kita pengennya lebih cepat. Anggaran sepenuhnya dari AP I, senilai Rp2,3 triliun dari modal sendiri maupun pinjaman komersial," tandas Tommy.

(Baca: JK Minta Pengembangan Bandara Syamsudin Noor April)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4005 seconds (0.1#10.140)